PALEMBANG – Guna mendukung konsep Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi smart province atau provinsi cerdas, Gubernur Sumsel Alex Noerdin melaunching Sumsel Command Center (SCC) Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (07/09).
SCC ini sendiri merupakan satu pusat data atau pusat monitoring, untuk mesinergikan dan mengintegrasikan semua layanan publik organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumsel dalam satu sistem.
Ruangan tersebut dilengkapi fasilitas beberapa layar pantau untuk monitoring.
Gubernur Sumsel Alex Noerdin menuturkan, kehadiran SCC merupakan inovasi yang dapat melakukan pengawasan serta mengefektifkan kinerja pemerintahan dengan baik.
“Mengendalikan provinsi ini cukup dalam genggaman. Jadi ini meringankan tugas seorang kepala daerah, dan ini memang sudah jamannya seperti ini, kita bukan yang pertama kali, tapi paling tidak sudah masuk dalam klub elite daerah-daerah yang punyai command center yang seperti ini. Kalau dalam dunia modern ini yang menguasai data itu yang menguasai dunia,”ungkapnya
Kedepan, Alex berharap command center ini tidak hanya di tiga Kabupaten/Kota yaitu Palembang, Muba dan Banyuasin, melainkan 17 kabupaten/kota terkoneksi dengan SCC segera terealisasi.
Alex menegaskan, untuk dapat masuk ke SCC ini sendiri sangat terbatas. Dimana syaratnya harus membawa surat tugas, dan dipertanggungjawabkan kantor yang mengeluarkan surat tugas tersebut.
“Jadi bisa terkoneksi ke 17 kabupaten/kota, bisa melihat kondisi sebenarnya real time, kalau terkoneksi lagi dengan satelit kita bisa zoom dari atas melihat karhutla dan upaya pemadamannya,” katanya
“Karena itu yang masuk kesini sangat-sangat terbatas, harus membawa surat tugas dan mengisi formulir itu semuanya secara digital keperluanya apa, di cek kantor yang mengeluarkan surat tugas, baru boleh masuk,” ujarnya.
Sementara Plt Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel Inanda Karina menambahkan, SCC ini juga telah berhasil membantu pelaksanaan Asian Games, yakni mengawasi venue-venue yang terintegrasi dikawasan Jakabaring Sport City.
Sekitar kurang lebih 36 CCTV yang disebar, ada satu tekhnologi yang cukup canggih seperti CCTV yang bisa diperbesar hingga jarak 5 km.
“ Kedepan kita berharap bisa miliki tekhnologi canggih ini dengan jumlah yang cukup banyak sehingga bisa membantu dari sisi pengamanan dan juga bisa membantu proses pembangunan,” tambahnya

Artikel Terkait