JAKARTA — Menjelang Asian Games 2018 yang memasuki kurun waktu kurang lebih satu tahun lagi, hari ini Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin hadiri Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo terkait perkembangan penggunaan anggaran Asian Games XVIII dan Asia Para GAmes 2018, di Kantor Presiden RI, Rabu (07/06).

Rapat terbatas ini dihadiri pula oleh Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menpora Imam Nahrawi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menaker Hanif Dhakiri, Menteri PANRB Asman Abnur, Menristek Dikti M. Nasir, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) Eric Tohir, Gubernur Banten Wahidin Halim, Plt. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, dan Wakil Gubernur Jabar Dedy Mizwar.

Dalam kesempatan ini Presiden RI Joko Widodo menegaskan, untuk persiapan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games Tahun 2018,  setiap penggunaan anggaran harus memegang prinsip efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

 “Anggaran betul-betul dikalkulasi secara detail, secara rinci. Dan perlu saya ingatkan, anggaran tidak dilebih-lebihkan dan jugatidak berlebihan,” tegas Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas Perkembangan Penggunaan Anggaran Asian Games XVIII dan Asian Para Games Tahun 2018.

Presiden meminta agar semua dilakukan secara terbuka, transparan dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik governance-nya, dalam kesempatan yang sama Presiden yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menekankan, bahwa penyenggaraan Asian Games dan Asian Para Games adalah perhelatan bangsa, perhelatan  yang akan membawa nama baik kita Indonesia di mata dunia.

Untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) sendiri, sekedar informasi pembangunan penunjang Asian Games baik itu infrastruktur dan kesiapan venues  seperti Ligh Rail Transit (LRT), Pembangunan Jalan tol, penambahan jembatan musi IV dan musi VI, serta Fly Over terus dikebut, mengingat persiapan yang dilakukan harus cepat untuk mengejar waktu yang tersisa.

Belum lama ini pula Sumsel kedatangan tiga menteri sekaligus dalam rangka meninjau langsung progres kesiapan Asian Games, dimana dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin berhasil pukau tiga Menteri yakni yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, terkait paparannya yang dilanjutkan tinjauan langsung melihat progress Light Rail Transit, Tol Palembang-Indralaya,dan Jakabaring Sport City (JSC) tempat berlangsungnya  perhelatan bangsa Asia ini nanti. (ril)

Artikel Terkait