PALEMBANG¬†— Dalam rangka memperingati hari ulang tahun republik Indonesia (HUT RI) ke-71 tahun 2016. Gubernur Sumatera Selatan memberikan remisi terhadap anak didik dan warga binaan lembaga pemasyarakatan, unit pelaksana teknis (UPT) permasyarakatan se-kota palembang.

Kegiatan digelar di lembaga permsyarakatan anak kelas 1 Pakjo,.Palembang tersebut juga dihadiri, Sekretaris Daerah Sumsel, Mukti Sulaiman, Walikota Palembang, Harnojoyo, jajaran kementrian hukum dan HAM Sumsel, SKPD Sumsel.

Kepala kantor wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumsel, Julisman Purba dalam sambutannya mengatakan, syarat untuk mendapatkan remisi bagi tahanan yakni yang pertama tahanan selama 6 bulan atau lebih. Kedua, berkelakuan baik sesuai hasil pengamatan yang dilakukan oleh tim.

“Remisi bisa bertambah jika mereka berbakti ke pada negara dan membantu rumah tahanan,” katanya.

Saat ini, terhitung 9777 orang tahanan yang ada di Sumsel, sebanyak 4976 orang mendapatkan remisi. “Lebih dari 3000 tahanan akibat penyalahgunaan narkoba dan saat ini LP mengalami over kapasitas sehingga yang dibutuhkan ada tujuh lembaga yg harus dibangun lagi,” ungkapnya.

Dalam sambutan Kementrian Hukum dan HAM yang disampaikan oleh Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin yang berbunyi bahwa Indonesia sekarang ingin mengantarkan masyarakat ke pintu keadilan dan kemakmuran dan remisi memang sudah di matur dalam UU 1945 tentang permasyakatan.

“Lapas hendaklah dikembangkan dengan cara lapas industri, yakni yang dapat memproduksi dengan masing-masing kemampuan setiap individu miliki, karena walaupun tahanan sedang berhadapan dengan hukum tapi tahanan juga berhak menerima hak-hak sebagaimana mestinya,” katanya.(juniara)

RelatedPost