PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan rencananya akan turun langsung ke daerah yang mengalami bencana banjir terutama di Kabupaten Musi Banyuasin yakni di kecamatan Bayung Lincir dan Sangadesa.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, kamsi (24/11). Dikatakan Belman, untuk di Bayat Ilir kecamatan Bayung Lincir ada sebanyak 56 kepala keluaraga sedangkan di kecamatan Sangadesa sebanyak 60 Kepala Keluarga yang terkena imbas banjir selama musim hujan dan membutuhkan bantuan.

“Daerah ini terkena banjir akibat musim hujan yang berkepanjangan, sehingga akan segera kita alokasikan bantuan, ” katanya.

Ia menambahkan daerah yang dianggap perlu mendapatkan bantuan sesuai tanggungjawab provinsi dengan persyaratan yang telah diatur, pasti akan segera dibantu, namun tahap awal tentu ada kabupaten kota.

Sejauh ini Dinsos Sumsel telah mempersiapkan bantuan permakanan dan obat-obatan dan akan berkoordinasi dengan pihak BPBD termasuk meminta kesiapan bantuan dari kabupaten/kota.

“Kita juga akan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, termasuk dunia usaha agar sama-sama memberikan bantuan pada saat ada bencana didaerah,” katanya.

Ditegaskan Belman, direncanakan bantuan akan diberikan secara langsung oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin di beberapa daerah yang mengalami bencana baik banjir maupun daerah longsor terutama di kabupaten Musi Banyuasin.

Seperti diketahui berdasarkan data yang ada, daerah rawan longsor masih seperti yang lama yakni Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Kabupaten Lahat dan kabupaten OKU Selatan. Sedangkan daerah rawan banjir yakni Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin, Muara Enim, Ogan Ilir hingga Kota Palembang. (juniara)

RelatedPost