Muaraenim- Gubernur Sumatera Selatan (Sumse) H. Alex Noerdin yang juga Ketua Majelis Pembina Pramuka Provinsi Sumsel bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan hari ulang tahun Pramuka ke 57 tingkat daerah Provinsi Sumsel tahun 2018 di Lapangan Merdeka Kabupaten Muara Enim, Rabu (5/9).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengharapkan kepada seluruh kepala daerah Bupati dan Walikota se-Sumsel untuk memberikan dukungan penuh terhadap gerakan Pramuka baik melalui peningkatan sarana prasarana, pendidikan dan pelatihan termasuk menganggarkan bantuan dana hibah untuk operasional gerakan Pramuka.

Dikatakannya Pramuka menjadi perekat bangsa dan negara kesatuan RI, karena memberikan sistem pendidikan yang menyeluruh. Di dalam Pramuka bukan hanya diberikan keterampilan tetapi anggotanya juga dibekali pendidikan mental spiritualnya.

“Untuk itu, saya minta kepada Bupati dan Walikota dukung penuh gerakan Pramuka ini, sesuai Undang-undang Nomor 10 tahun 2012 bahwa gerakan pramuka harusdidukung secara nasional. Termasuk bantuan dana hibah untuk gerakan Pramuka saya minta kalau bisa ditambah sesuai kemampuan keuangan daerah masing-masing karena banyak juga sektor lain yang harus diutamakan,” pinta Alex.

Menurut Alex, para Bupati dan Walikota selaku ketua majelis pembimbing Kwartir Cabang Pramuka patut memberikan perhatian yang maksimal dan kemudahan dalam pendidikan dan pelatihan gerakan Pramuka di Sumsel.

“Ketua majelis pembimbing kwartir cabang pramuka harus bisa meningkatkan peran dalam peningkatan pendidikan kepramukaan di Sumsel karena pramuka harus terus dikelola dan dibina dengan baik dan benar untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang handal,” ujarnya.

Selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Sumsel, Alex Noerdin juga menyampaikan ucapan selamat memperingati hari ulang tahun ke-57 seluruh anggota Gerakan Pramuka. “Peringatan hari ulang tahun Pramuka ke-57 harusnya tanggal 14 Agustus karena ada Asian Games diundur menjadi hari ini,” terangnya.

Lebih lanjut Gubernur Alex Noerdin mengatakan, kemajuan generasi penerus bangsa di Sumsel harus seiring dengan kemajuan provinsi Sumsel yang saat ini sudah menjadi sorotan mata dunia internasional berkat Palembang bersama Jakarta telah sukses menyelesaikan amanat bangsa yakni menyelenggarakan Asian Games.

Menurut Alex, Asian Games bukan tujuan akhir, melainkan tujuan yang berkelanjutan. Berkat Asian Games Sumsel mendapatkan banyak pembangunan infrastruktur mulai dari Jalan, Jembatan, Flyover, serta yang paling membanggakan adalah LRT pertama di Indonesia.

“Saya mohon pamit kepada Gerakan Pramuka Sumatera Selatan karena harus mengakhiri masa jabatan. Sudah 10 tahun saya menjabat sebagai Gubernur, saya mohon pamit dan mohon maaf atas kesalahan dan kekeliruan selama ini dan terima kasih atas semua dukungannya,” ungkap Alex.

Sementara itu, Ka. Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel, H. Mukti Sulaiman mengatakan, percepatan terlaksananya repitalisasi gerakan Pramuka khususnya di kwartir Sumsel terus dilakukan sejak beberapa tahun terakhir diantaranya dengan pembangunan sarana prasarana diantaranya Bumi Perkemahan Gandus dan bantuan dana hibah operasional Gerakan Pramuka Sumsel.

Menurutnya, walaupun Bumi Perkemahan Gandus belum selesai, tetapi saat ini sudah dapat difungsikan. Kedepan Mukti Sulaiman mengharapkan dukungan terhadap penyelesaian Bumi Perkemahan Gandus dan mengharapkan adanya perhatian dan dukungan yang lebih dari seluruh kepala daerah di Sumsel terhadap Gerakan Pramuka.

“Masih banyak kepala daerah di Sumsel yang belum mengerti tentang gerakan Pramuka, karena masih banyak Kepala daerah di Sumsel yang belum menganggarkan dana operasional bagi Pramuka,” terang Mukti Sulaiman.

Lebih lanjut Mukti Sulaiman menambahkan, Gerakan Pramuka Sumsel sangat mengapresiasi terhadap hasil kinerja Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam membangun Sumsel melalui capaian pembangunan seperti Light Rail Transit (LRT) yang tidak akan rusak samapi puluhan tahun.

Selain itu, belum lama ini penyelenggaraan Asian Games di Palembang telah sukses dilaksanakan dengan event olahraga internasional itu, Sumsel menjadi dikenal dunia Internasional khususnya 45 negara peserta Asian Games.

“Pagi tadi saya sambil ngopi menonton TV, banyak pihak yang memuji-muji kesuksesan penyelenggaraan Asian Games di Sumsel. Untuk itu, seiring dengan akan berakhirnya masa jabatan Gubernur, atas nama jajaran kwartir daerah Pramuka Sumsel kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap pembangunan Sumsel 10 tahun terakhir dibawah kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin,” ujarnya.

Upacara peringatan hari ulang tahun Pramuka ke 57 tingkat daerah Provinsi Sumsel tahun 2018 itu dihadiri langsung Penjabat Bupati Kabupaten Muara Enim, Teddy Meilwansyah, FKPD Kabupaten Muara Enim serta peserta upacara dari seluruh anggota Pramuka se-Kabupaten Muaraenim.

Di kesempatan itu dilakukan juga pengucapan Pancasila, Undang-Undang 1945, dan Dasa Dharma Pramuka oleh petugas upacara. Kemudian ada juga penyerahan penghargaan kepada sejumlah Kepala Kwartir Cabang se-Sumsel serta atraksi Polisi Cilik binaan Satlantas Polres Muara Enim.  (Adv)

Artikel Terkait