Palembang –┬áPeringatan HUT ke 73 TNI tahun 2018 di Stadion Garuda Sriwijaya (SGS) KM 9 Palembang, Jumat (5/10) berlangsung khidmat. Upacara yang diikuti oleh pasukan TNI dipimpin langsung Inspektur Upacara Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru.
Hadir pula Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Forum Koordiansi Perangkat Daerah (FKPD) Provinsi Sumsel, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para anggota TNI.
Pada kesempatan ini, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan membacakan amanat Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan upacara yang dilaksanakan secara serentak dari Sabang sampai Merauke secara sederhana namun khidmat.
“Marilah kita sejenak memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara kita di Palu, Donggala, Sigi, Parigi Moutong. Demikian pula beban yang menimpa saudara kita di Lombok,”lanjutnya.
TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu membahu. Dia menyebutkan, apa yang dilaksanakan di lokasi bencana, baik pengerahan personel maupun alutista adalah sebagian dari bentuk profesionalisme TNI. Oleh karena itu sangat tepat apabila peringatan HUT TNI ke-73 ini, mengambil tema profesionalisme TNI untuk rakyat.
Pada kesempatan ini, Panglima TNI memberikan penekanan-penekanan kepada seluruh prajurit TNI dimanapun berada, untuk di pedomani dan dilaksanakan.
Pertama, perkokoh imam dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepadanya lah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan.
Kedua, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa.
Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti, menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI.
Keempat, mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan, dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Janganlah terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan pemilu.
Kelima, jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini.
Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku bangga melihat kekompakan yang dilakukan oleh pasukan TNI. “Hebat, luar biasa hampir 12.000 ribu Personel TNI di bawah Kodam II/Sriwijaya terlibat dalam kegembiraan dan semangat yabg kuat untuk NKRI. Selamat ulang tahun untuk TNI ke-73, semoga semakin jaya dan semakin maju,”tutup Gubernur Herman Deru. (adv)

Artikel Terkait