Palembang- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Sumsel resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka se-Sumatera Selatan tahun 2018 di Griya Agung Palembang, Jum’at (27/4). Rakerda dihadiri langsung Kapinsakanas Widya Budaya Bakti yang juga Dirjen Paud dan Dikmas, Kemendikbud RI, Harris Iskandar.

Moment Rakerda ini sekaligus ajang sosialisasi Asian Games XVIII oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada Gerakan Pramuka se-Sumsel. Menurut Alex, pramuka yang ada di Sumsel harus ambil bagian berperan mendukung dan mensukseskan event olahraga bangsa-bangsa Asia itu.

“Alhamdulillah hadir di sini 1.500 lebih gerakan pramuka se-Sumatera Selatan. Ini yang saya ceritakan tentang Asian Games bisa melibatkan pramuka karena pramuka itu disiplin dan terampil,” ungkapnya.

Lebih lanjut Alex mengatakan, melalui Rakerda dia mengajak Gerakan Pramuka bersama-sama mewujudkan pembangunan Bumi Perkemahan Gandus sebagai bumi perkemahan terbaik bahkan di tingkat internasional dengan kelengkapan fasilitas, sarana dan prasarananya.

“Jadi pak Mukti Sulaiman, kita jadikan Bumi Perkemahan Gandus sebagai bumi perkemahan terbaik, kalau kita mau pasti bisa karena kita sudah biasa menjadi yang terbaik,” ujar Alex kepada Ka. Kwarda Pramuka Sumsel.

Sementara itu, Ka. Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, Rakerda yang dilaksanakan ini sebagai evaluasi program kerja Gerakan Pramuka se-Sumsel serta menyusun rencana kerja tahun yang akan datang, tentang apa saja yang akan dikerjakan kedepan.

“Tadi sudah dijelaskan, bahwa banyak hal yang sudah dilakukan oleh pramuka terutama pembinaan pramuka muda dan pramuka dewasa, itu pembinaan dan menjadi penting karena tanpa pramuka yang terdidik pramuka itu menjadi hambar,” ungkapnya.

Terkait program kerja di bidang fisik, Mukti menjelaskan, saat ini Bumi Perkemahan Gandus pengerjaannya sudah mencapai 40 persen selesai dikerjakan. Untuk itu, kedepan pembangunannya akan terus berlanjut sampai selesai dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya.

“Pak Gubernur sudah menegaskan, ini harus diselesaikan dan menjadi bumi perkemahan yang terbaik. Mulai dari ketersediaan air bersih, listrik, tempat upacaranya dan sarana prasarana lainnya,” ujarnya.

Lanjut Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel itu, kalau berbicara tentang perekat bangsa, pramuka menjadi yang paling efektif karena dalam pramuka tidak pernah mempersoalkan masalah SARA maupun permasalahan agama, etnis dan lainnya.

“Alhamdulillah, kalau anak-anak kita aktif di pramuka, narkoba itu tidak akan pernah terjadi di pramuka. Himbauan saya, untuk memerangi narkoba anak-anak harus aktif di dalam pramuka karena semua akan kita awasi,” imbuhnya.

Menjelang pelaksanaan Asian Games di Palembang, Mukti Sulaiman menjelaksan, Gerakan Pramuka Sumsel sudah menyiapkan Liaison Ofificer (LO) yang mungkin bisa sebagai Gate bagi para atlet dan official. Namun, akan ditinjau terlebih dahulu apakan sudah benar-benar siap.

“Selain itu, yang tidak kalah penting adalah kebersihan, pramuka akan ambil bagian untuk itu selama Asian Games nanti,” pungkasnya.

Artikel Terkait