Palembang – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin sebagai Inspektur Upacara pada peringatan HUT Bhayangkara Ke-71 tahun 2017 di Halaman Griya Agung Palembang, Senin (10/7).

Gubernur Alex Noerdin menyampaikan amanat Presiden RI Joko Widodo bahwa pada peringatan hari Bhayangkara ke-71 sekarang, atas nama negara dan pemerintah, dirinya sangat berterimakasih, sangat apresiasi pada kerja keras Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga hasilnya kelihatan, hasilnya nyata.

Sebagai contoh, lanjutnya, di Bulan Suci Ramadhan dan lebaran tahun ini, situasi kamtibmas sangat kondusif, seluruh masyarakat merasa aman, lalu lintas mudik lebaran lancar, kecelakaan lalu lintas turun drastis dan harga-harga kebutuhan pokok juga stabil.

“Sekali lagi, saya apresiasi pada kerja keras seluruh personil kepolisian Republik Indonesia, baik yang bekerja di Kota-kota besar maupun di pelosok-pelosok tanah air,”katanya.

Disamping itu, Polri telah menunjukan dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi untuk mendukung terwujudnya pembangunan nasional dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan.

“Polri mampu mewujudkan situasi Kamtibmas yang stabil dan kondusif, Polri sukses melakukan pencegahan konflik, penjagaan demontrasi, penanganan terorisme, pemberantasan narkoba, menekan angka kejahatan konvesional seperti premanisme dan kejahatan jalanan serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,”tuturnya.

Selain itu, Presiden memberikan intruksi kepada seluruh jajaran kepolisian negara Republik Indonesia untuk terus meningkatkan kinerjanya melalui upaya-upaya seperti.

Pertama, perbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif seperti korupsi penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan.

Kedua, mantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Ketiga, optimalkan modernisasi Polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

Keempat, tingkatkan kesiapsiagaan operasional melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi polisional proaktif, dengan demikian Polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara tepat.

Kelima, tingkatkan kerjasama, koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat serta kolega Internasional sebagai implementasi pendekatan sinergi polisional guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Saya sebagai Kepala Negara tetap berkomitmen untuk mendukung terbentuknya Polri yang kuat, handal dan profesional. Supaya tugas Polri untuk menjaga stabilitas Kamtibmas, menegakkan hukum dan sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal,”pungkas Alex.

Pada kesempatan ini Orang nomor satu di Sumsel memberikan tanda kehormatan Satya Lencana pangabdian kepada anggota Polri yang dalam melaksanakan tugas pokok dengan menunjukan etika profesional secara terus menerus selama 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun dan 32 tahun sehingga dapat menjadikan teladan bagi anggota polri yang lain.

Usai memperingati HUT Bhayangkara ke 71, Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto melanjutkan ke Pendopoan Girya Agung Palembang melakukan ramah tamah dalam rangka HUT Bhayangkara ke-71 tahun 2017. (rill)

Artikel Terkait