Palembang – Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersilaturahmi dan sekaligus melakukan sosialisasi Asian Games XVIII Tahun 2018 bersama Tokoh Masyarakat, Tokah Agama, Tokoh Adat, Pemerintah Kecamatan dan Desa se-Kabupaten OKU Selatan, Jumat (9/2).

“Selamat datang di Griya Agung. Sudah jauh-jauh dari OKU Selatan. Ini tempat kamu nian, ini rumah kamu nian. Niat baik kita semua mendatangkan rakyat dari jauh-jauh untuk melihat dan menyaksikan apa yang dicapai oleh Sumsel. Dan ini dipimpin oleh Sekda OKU Selatan langsung,”ujarnya.

Dikatakannya, sosialisasi Asian Games ini penting, agar masyarakat tahu dan memahami dari manfaatnya Asian Games 2018 dalam pembangunan di Sumsel.

Asian Games itu bukan tujuan, Asian Games itu sebagai alat mencapai tujuan. Apa tujuannya? Alex mengatakan adalah pembangunan infrastruktur. “Selanjutnya tujuan akhir kita pengembangan Tanjung Api-Api, Tanjung Carat dan tujuan akhir dari semua pembangunan ini adalah kesejahteraan rakyat,”pungkasnya.

Di kesempatan ini, Gubernur Sumsel Alex Noerdin memaparkan kilas balik Presiden RI pertama Ir. Soekarno. Dirinya sempat mengambil pernyataan Presiden pertama RI Ir. Soekarno yang mengatakan “Beri Aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”.

Alex menilai, pernyataan itu menjadi inspirasi bagi dirinya dalam membangun Provinsi Sumsel untuk mensukseskan Asian Games. “Beri aku semangat OKU Selatan, insyallah akan kita sukseskan Asian Games,”tuturny.

Kenapa Palembang di pilih menjadi tuan rumah Asian Games? Gubernur Alex Noerdin menyatakan ada satu hal yang menjadi dasar utama, dan alasan utama Sumsel terpilih sebagai tuan rumah Asian Games, karena Sumsel merupakan daerah Zero Konflik, Alhamdulilah tidak pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama di Sumsel. “Alhamdulilah Sumsel damai, mari kita bersatu padu untuk menjaga kondusifitas Sumsel,”katanya.

Selain itu, Alex mengatakan modal lainnya adalah Jakabaring Sport City (JSC), pasalnya JSC sudah mempunyai 20 Venue dan satu-satunya Kota Olahraga yang terintegrasi di tengah kota. “Besok semua diajak keliling untuk melihat fasilitas disana,”seraya sambil diikuti tepuk tangan oleh seluruh masyarakat OKU Selatan.

Ditambah lagi infrastruktur pendukung hampir selesai seperti LRT. Dan juga tiga ruas jalan tol, Musi IV dan Musi VI, underpas/flyover, rumah sakit, perluasan bandar udara, rumah sakit, fasilitas air bersih dan lainnya. “Isnyallah kalau semua selesai Palembang akan menjadi kota tercantik di Indonesia,”ungkapnya.

Dikatakan Alex, tempat kalian semua menghinap itu merupakan Asrama Haji terbaik di Indonesia. Disana sudah Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Provinsi Sumsel dilengkapi Ka’bah dengan ukuran yang sama dengan yang asli, Lintasan Sa’i, latihan melempar jumroh, mock-up pesawat, Museum Islam, dan Hotel Syariah. “Siapa yang nak berangkat naik haji dan umroh bisa memanfatkan kawasan terpadu embarkasih tersebut,”ujarnya.

Disebutkannya, Provinsi Sumsel ada tiga program prioritas sejak dulu menjadi komitmen bahkan sejak drinya menjadi Bupati Muba yaitu sekokah gratis, berobat gratis dan lapangan pekerjaan. “Nah tigo program itu semua untuk masyarakat, kalu sekolah gratis “supaya anak kita pintar”, berobat gratis “supaya kito, anak dan keluargo kita sehat”, dan lapangan pekerjaan “supaya kita ado kerjaan”, “tuturnya.

Sementara itu, Sekda Ogan Komering Ulu Selatan Romzi menyampaikan ucapan terima kasih sudah diundang pada malam hari ini. Yang hadir di sini seluruh Camat, Kades, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. “Atas nama Pemerintah OKU Selatan terima kasih  sudah diundang di Griya Agung,”pungkasnya.

Artikel Terkait