Palembang –Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang sebanyak 23 orang di Griya Agung Palembang, Senin (17/7).

Dirinya mengharapkan kepada PPIH untuk melakukan tugas dan tanggung jawab atas amanah yang sudah diberikan. “Selamat kepada PPIH yang baru dilantik, lakukan tugas dengan sebaik-baiknya, jagalah embarkasi ini agar tetap menjadi yang terbaik disegala hal,”tuturnya.

Orang nomor satu di Sumsel juga menjelaskan, Sumsel saat ini memiliki Asrama Haji terbaik di Indonesia yang mampu menampung ratusan bahkan ribuan calon jamaah haji dan jamaah umroh. Selain itu, disana juga terdapat replika Ka’bah ukuran yang sama dengan aslinya, mock up pesawat terbang dan lintasan sa’i. “Jadi dengan adanya itu, Insyallah calon jamaah haji kita sudah terlatih,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementrian Agama RI, Hj Sri Ilham Lubis mengapresiasi kepada Gubernur Alex Noerdin yang telah meningkatkan upaya dalam rangka pelayanan jamaah haji.

“Terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Alex Noerdin yang telah meningkatkan upaya dalam rangka peningkatan pelayanan jamaah haji dan kini kita lihat secara nyata mock up pesawat terbang dan linytasan sa’i,”ucapnya.

Dia juga melaporkan kegiatan haji tahun ini yang sudah dilakukan baik ditanah air maupun di Arab Saudi. saat ini, dijelaskannya sedang menyelesaikan bimbingan manasik kepada seluruh jamaah haji yang akan berangkat tahun ini dan mempersiapkan embarkasi haji yang sudah dilakukan revitalisasinya untuk menerima, menyambut kedatangan jamaah haji yang akan diberangkat tahun ini.

Disamping itu, keberangkatan jamaah ini akan dilakukan dengan dua gelombang yang pertama tanggal 28 Agustus dan kedua tanggal 12 Agustus. Lanjut dia, Jamaah haji diberangkatkan melalui 13 embarkasi haji dan telah ditetapkan dua maskapai penerbangan yaitu Saudi Arabia Airline dan Garuda Indonesia. “Alhamdulillah pemerintah terus meningkatkan pelayanan seluruh Jamaah,”katanya.

Dia mengucapkan selamat kepada PPIH yang baru dialntik, semoga dapat melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan tanggung jawab. Menginggat pelayanan embarkasi sangat penting karena memberikan kesan bagi jamaah haji sehingga perlu dilakukan dengan masksimal. “Saya harapkan dengan SDM yang amanah dan terampil semoga jamaah embarkasi di Palembang semakin meningkat,”pungkasnya. (rill)

Artikel Terkait