Laskarwongkito.com — Apabila kalian sedang mencari tempat petualangan menelusuri berbatuan sampai ke ujung dalam gua di Sumatera Selatan? Jawabannya tentu saja Gua Putri. Objek wisata populer yang dapat dikunjungi saat kita berada di Baturaja, Sumatera Selatan.

Gua Putri ini memiliki panjang lebih dari 150 meter dan telah berumur sekitar 350 tahun. Lokasinya terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), atau sekitar 45 menit dari kota Baturaja. Kalau kalian dari Muara Enim sehabis dari Air Terjun Bedegung, mengapa tidak mampir melintasi jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim hanya sekitar 20 sampai 30 menit perjalanan saja?

gua-putri1

(sumber foto: wordpress.com)

Persisnya lokasi Gua Putri terletak di Desa Padang Bindun, Kecamatan Semindang Aji. Untuk menjangkau ke objek wisata Gua Putri lumayan gampang karena apabila kita menemukan jembatan petunjuk menuju Gua Putri tandanya kita sudah dekat dengan lokasi tersebut. Sepanjang jalan masuk ke dalam suasana sangat rindang dengan perpohonan. Halaman parkir juga luas dan ada beberapa warung kecil yang berjualan.

Sesuai nama tempatnya, mendengar kata “gua” akan memberi kesan sempit dan gelap yang terlintas di pikiran. Kita bisa melihat pemandangan batu-batu besar dari arah luar, sangat asik bagi kalian yang menyukai berfoto ala Instagramable. Kalau dari tampak luar saja sudah asik untuk berfoto, pasti sudah sangat penasaran untuk melihat dalam gua.

IMG_5347_2

(sumber foto: blogspot.com)

Kesan pertama sewaktu tiba di gerbang masuk Gua Putri adalah gua yang penuh cerita mistis. Sebab, terdapat sebuah batu yang dinamakan dengan Batu Putri yang konon merupakan jelmaan dari Putri Balian akibat sumpah dari Si Pahit Lidah.

Menurut legenda, dahulu kala hiduplah seorang putri yang bernama Dayang Merindu, selir dari Prabu Amir Rasyid, Penguasa Kerajaan Ogan. Suatu pagi, sang Putri mandi di muara sungai Sumuhun dan pada saat mandi, lewatlah seorang pengembara bernama Serunting Sakti ingin sekali menyapa putri yang berparas cantik itu, tapi kehadirannya tidak diperhatikan Putri Dayang Merindu.

goa-puteri-baturaja-sumatera-selatan-by-zhwart6

(sumber foto: zhwart.xyz)

Serunting Sakti gusar, dia pun berujar, “Sombong nian putri ini, diam seperti batu.” Belum kering ludahnya, Putri Dayang Merindu menjadi batu. Serunting Sakti kemudian pergi ke desa tempat tinggal Putri Dayang Merindu dan keluarganya. Dilihatnya sepi, Serunting Sakti berujar, “Sepi desa ini seperti gua sepi.” Desa itu pun menjadi gua batu.

Pemandangan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi di dinding gua terbentuk secara alami. Stalaktit merupakan kalsium karbonat yang menggantung dan membeku di langit-langit gua. Sedangkan Stalagmit merupakan berbatuan berbentuk kerucut tumpul yang menghadap ke atas. Bunyi gemericik air dari aliran Sungai Sumuhun pun ikut terdengar mengiringi derap langkah kami di Gua Putri.

Berhati-hatilah sewaktu melangkah, sebab jalan setapak yang merupakan berbatuan agak sedikit licin. Sehingga pastikan kalian tidak menggunakan alas kaki yang tipis.

Terlepas Gua Putri dikatakan terbentuk oleh karena legenda, nyatanya Gua Putri memang memiliki keindahan serta nilai sejarah yang tak boleh untuk dilewati. Aroma kelelawar sudah tidak asing, sesekali kita akan mendengarkan suara pekikan kelelewar dari atas langit-langit gua yang membentuk celah seperti sarang rumah kelelawar. Pastikan kalian jangan melewatkan untuk menikmati di tiap sudut Gua Putri.

Cerita-Rakyat-di-19

(sumber foto: geomagz.geologi.esdm.go.id)

 

Apabila diperhatikan, bentuk dari beberapa batu yang berada di Gua Putri ini bukan seperti batu biasa. Namun ada yang berbentuk manusia, gajah, harimau, singgasana raja bahkan panggung. Bahkan ada batu yang dipercayai sebagai tempat tidur Putri.

Tidak jauh dari batu yang menjadi tempat tidur Putri, terdapat aliran Sungai Sumuhun yang konon menurut cerita apabila kita meraup muka di aliran sungai ini, apa yang kita inginkan secara tulus mudah-mudahan dapat terwujud.

Akses menuju Gua Putri ini memang sulit dijangkau menggunakan transportasi umum. Sebab lokasi yang berada di perkampungan warga hingga masuk ke dalam lagi tidak memungkinkan kita menggunakan transportasi umum.

16072014-baturaja

(sumber foto: liputan6.static6.com)

Solusinya adalah dengan menyewa mobil untuk menuju Gua Putri apabila dari kota Palembang. Namun, kalau kalian mau menuju Baturaja ada banyak pilihan yang bisa dipilih seperti mobil travel, bus, dan kereta api dengan tujuan Palembang – Baturaja. Nantinya kalian juga bisa menyewa kembali mobil pada saat di Baturaja dengan tujuan Baturaja – Muara Enim.

Sehingga apabila kalian sudah berkunjung ke Gua Putri, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri juga berkunjung ke Air Terjun Bedegung, Muara Enim sebab jaraknya lumayan dekat.

Bagaimana semakin tertarik untuk berkunjung kan? (red/dil)

Artikel Terkait