Laskarwongkito.com-Sebuah kabar menyedihkan datang dari kawasan Taman Nasional Komodo, NTT. Gili Lawa salah destinasi wisata perbukitan savama ini mengalami kebakaran hebat, Rabu (1/3/2018).  Dikabarkan api melahap 10 hektar kawasan tersebut.

Sejumlah saksi mata menyebutkan api berasal dari beberapa wisatawan dari salah satu tour operator. Para terduga pelaku yakni beberapa wisatawan dan seorang tour leader berada di tempat saat sore. Mereka menyusuri bukit yang indah ini demi mencari spot foto. Menurut saksi yang melihat, terdapat beberapa titik api saat mereka di bukit. Diduga unsur api digunakan untuk segi estetika foto para wisatawan.

Para saksi segera mengambil inisiatif untuk menghubungi pihak Taman Nasional dan pemerintah.  Hingga berita ini diturunkan Tour leader dan para wisatawan yang diduga menyebabkan kebakaran telah diamankan di Polres Labuan Bajo untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Meski tidak mengganggu habitat satwa Komodo, kebakaran itu berdampak bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah di daerah itu. Kepala Taman Nasional Komodo Budi Kurniawan mengatakan, Gililawa Darat bukan habitat komodo, tapi lebih dominan padang savana.

“Dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran itu tentunya karena itu merupakan spot treking dan untuk foto-foto, maka dalam beberapa waktu ke depan, potensi itu tidak bisa dinikmati lagi oleh pengunjung,”Jelas Budi, Kamis (2/8/2018). (win)

 

Artikel Terkait