Meski selama ini tidak pernah memperlihatkan gejala sakit sebelumnya, namun Abduolaiye Maiga divonis harus beristirahat selama 3 hari karena terkena gejala tipes. Pemain asal Mali ini pun harus absen kala Sriwijaya FC melakoni uji coba terakhir melawan tim Porprov Palembang, Sabtu (28/3) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

“Usai dilakukan pemeriksaan darah, maka Maiga memang terkena gejala tipes. Memang selama ini gejalanya tidak begitu terlihat, jika siang hari kondisinya cukup normal, baru pada malam harinya dia merasa menggigil,” ujar dokter tim SFC, dr Viktor saat ditemui di RS Polri Bhayangkara Palembang, Kamis (26/3) malam.

Menurutnya, sebelum diputuskan melakukan pemeriksaan darah terhadap Maiga, pihaknya memang sudah menunggu selama 3 hari terlebih dulu. “Observasi selama 3 hari dulu, barulah kita ambil tindakan dan hasilnya positif. Saya sudah membuat surat izin ke pelatih dan manajemen agar Maiga diberikan izin beristirahat, kalaupun tetap berlatih maka harus terpisah dan juga tidak porsinya juga tidak boleh berlebihan,” jelas dokter yang mencalonkan diri sebagai Wabup Mura ini.

Sementara itu, Maiga yang dikonfirmasi usai pemeriksaan di RS Bhayangkara mengaku cukup terkejut dengan hasil tersebut. ‘Selama ini saya tetap berlatih secara rutin, tidak pernah absen dan selalu ikut semua pertandingan. Tapi dokter lebih mengerti kondisi kesehatan saya, jika memang diharuskan beristirahat maka akan saya ikuti,” ungkap pemain yang pernah merumput di Liga Perancis ini.

Menurutnya, dalam beberapa terakhir dirinya memang merasa menggigil di malam hari dan terkadang membuatnya sulit tidur. “Saya pikir hanya sakit biasa, karena keesokan harinya saya tetap bisa berlatih seperti biasa. Kemudian saya konsultasi dengan dokter, hasilnya lalu seperti ini. Sebelumnya saya juga jarang bahkan tidak pernah terkena penyakit seperti sekarang,” tambah Maiga.

Sekretaris tim SFC, Ahmad Haris mengatakan pihaknya sudah menerima laporan medis dari dokter dan menyatakan Maiga akan diistirahatkan selama beberapa hari. “Sesuai anjuran dan rekomendasi dokter, maka Maiga tidak akan bermain saat melawan tim Porprov Palembang nanti. Bagaimanapun juga target utama kita adalah di ISL, apalagi sekarang sudah ada kepastian bahwa 4 April akan segera digulirkan. Jadi waktu sudah semakin dekat, lebih baik dia fokus kesana,” ungkapnya singkat.