Sriwijaya FC sukses mengalahkan lawannya PS Pertamina dengan skor telak 9-0 dalam laga uji coba yang digelar di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Senin (18/1) sore. Dua rekrutan anyar yakni Bayu Gatra dan Alberto Goncalves menjadi bintang dalam laga ini setelah sama-sama berhasil mencetak hattrick, sementara Ngurah Nanak, Hapit Ibrahim dan Firman Utina masing-masing menyumbang 1 gol.

Namun pelatih laskar wong kito, Beny Dollo mengaku pihaknya belum terlalu puas dengan penampilan anak asuhnya di laga ini. “Soal skor tidak bisa dijadikan patokan, karena lawan memang kelasnya berada di bawah kita. Saya sendiri ingin melihat bagaimana para pemain mampu memahami skema yang akan kita terapkan dan yang terpenting adalah kondisi fisiknya,” ujar eks pelatih timnas ini.

Menurutnya, sektor fisik memang menjadi perhatian utama mengingat hasil tes fisik sebelumnya menunjukkan kebugaran pemain masih jauh dari harapan. Berdasarkan tes fisik pertama minggu lalu, VO2Max pemain SFC diakuinya masih berada di bawah 50. “Hasil tes VO2Max belum ideal, namun kita maklum karena mereka lama liburan. Kini akan kita genjot dan setidaknya bisa mencapai 53-55 nantinya,” jelasnya.

Oleh karena alasan itu, maka dalam laga uji coba tersebut, pihaknya pun meminta kepada tim PS Pertamina agar pertandingan dimainkan dalam waktu 2×60 menit. “Kita ingin lihat bagaimana kebugaran mereka, sejauh ini memang ada peningkatan. Begitu pun pemahaman dan pengertian satu sama lain, tapi untuk Piala Gubernur Kaltim nanti kita tetap harus kerja keras,” tambahnya.

Sementara itu, asisten pelatih Hartono Ruslan juga memberikan beberapa catatan usai pertandingan. “Kita memang sengaja membuat 2 tim yang berbeda di laga ini, untuk tim yang pertama belum terlalu padu, beberapa kali ada salah komunikasi. Sedangkan tim kedua terlalu individual, penguasaan bola juga hilang dan tidak tenang dalam menyelesaikan peluang,” ujar Hartono.

Usai laga ini, SFC kembali akan melakukan laga uji coba pada Kamis (21/1) mendatang. Bendol sendiri berharap melakukan 2 lagi ujii coba sebelum nantinya bertolak untuk mengikuti Piala Gubernur Kaltim di awal Februari dan kemungkinan akan ditutup dengan berlatih bersama tim PON Sumsel.

Artikel Terkait