Meskipun hasil seri sudah cukup untuk membawa Indonesia lolos ke babak semifinal SEA Games XXVIII 2015, namun Ferdinan Sinaga berharap timnas U23 tetap bermain all out kala menghadapi tuan rumah Singapura, Kamis (11/6). Menurutnya, secara psikologis mental pemain akan terganggu jika skuad Garuda Muda hanya akan diinstruksikan mencari hasil seri kala melawan Singapura di laga hidup mati grup B tersebut.

“Jika hanya fokus bermain imbang, maka besar kemungkinan pemain akan bermain dengan hati-hati dan hanya fokus agar tidak kebobolan,” ujar pemain terbaik Indonesian Super League (ISL) musim lalu ini. Selain itu, jika kondisi tersebut dipertahankan maka pemain pun akan terganggu permainannya jika dalam pertandingan nanti timnas U23 tertinggal lebih dulu dari lawannya.

“Jadi tidak ada jalan lain selain bermain normal, terus menyerang dan mencari kemenangan. Jangan terpengaruh hasil seri akan cukup membawa lolos ke semifinal, karena menurut saya pribadi permainan tim secara keseluruhan juga terus meningkat,” ujar eks pemain Persib Bandung ini. Salah satu nilau positif yang dilihat Ferdinan dari skuad asuhan Aji Santoso ini adalah rotasi pemain yang diperlihatkan di 3 pertandingan yang sudah dimainkan sejauh ini.

Terkait status Singapura sebagai tuan rumah, ayah dari 2 putra ini mengatakan hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh nantinya. “Soal dukungan suporter rasanya akan berimbang, karena Indonesia juga punya pendukung fanatik yang luar biasa. Hasil pertandingan akan lebih banyak ditentukan oleh faktor mental selama 90 menit,” tegasnya.

Diakuinya, faktor penurunan mental yang sebelumnya terlihat di laga perdana kala harus takluk 2-4 dari Myanmar kini sudah mulai terlihat membaik. “Sama seperti sebelumnya, mereka hanya harus fokus ke pertandingan dan mengabaikan situasi sepakbola nasional yang tengah disanksi FIFA. Justru hal tersebut harus memacu tim untuk bermain lebih baik karena jujir kemenangan timnas U23 akan menjadi pelipur lara dan sangat dinanti seluruh pecinta sepakbola Indonesia,” harapnya.

Sebelumnya, jelang laga melawan Filipina lalu, Ferdinan juga menitipkan saran untuk timnas U23 agar mengincar gol cepat guna mengontrol permainan. “Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita harus selalu mendukung timnas yang berjuang keras membawa nama bangsa di level internasional. Saya hanya memberikan saran, dan setiap laga yang dimainkan saya selalu berusaha menyisihkan waktu untuk menonton secara langsung di televisi,” pungkasnya.

Artikel Terkait