Keberhasilan timnas U23 mengalahkan lawannya yakni Kamboja dengan skor telak 6-1, Sabtu (6/6) di ajang SEA Games XXVIII Singapore mendapat apresiasi dari banyak pihak, termasuk penyerang Sriwijaya FC Ferdinan Sinaga. Namun pemain terbaik Indonesian Super League (ISL) musim lalu ini berpesan kepada Evan Dimas dkk untuk tidak cepat berpuas diri dan fokus menghadapi 2 pertandingan sisa melawan Filipina dan tuan rumah Singapore.

“Timnas U23 harus waspada, karena lawan yang akan dihadapi merupakan tim yang baru saja kalah di pertandingan terakhirnya. Dan biasanya tim dengan kondisi seperti itu motivasinya justru akan lebih meningkat, seperti posisi tim Indonesia sebelumnya,” ujarnya saat dihubungi Minggu (7/6) siang. Menurutnya, penampilan skuad asuhan Aji Santoso memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan bila dibanding dengan laga perdana kala harus tunduk dengan skor 2-4 dari Myanmar (2/6) lalu.

“Di partai pertama sangat terlihat bahwa mereka bermain tidak lepas, namun saya maklum karena laga perdana memang selalu sulit bagi pemain. Ditambah lagi beban psikologis yang harus dibawa setelah Indonesia mendapat sanksi FIFA. Tapi dengan kekalahan itu, justru seluruh skuad belajar dan memperbaikinya di laga berikutnya, tapi perlu diingat Filipina serta Singapura yang berstatus tuan rumah juga pasti tidak akan menyerah begitu saja,” jelas ayah dari 2 putra ini.

Ferdinan pun menyarankan agar skuad Garuda Muda di pertandingan berikutnya juga dapat mencetak gol cepat sehingga bisa mengontrol permainan. “Jika kita mampu membuat gol terlebih dulu akan lebih baik, seperti saat melawan Kamboja. Namun saya juga mengingatkan ke seluruh pemain untuk tidak lengah, terutama di menit awal serta menit akhir pertandingan. Karena biasanya di periode krusial tersebut banyak kesalahan yang tercipta,” jelasnya.

Terkait aspek non teknis, pemain yang juga mendapat panggilan ke timnas senior ini juga menyarankan seluruh anggota timnas U23 untuk tidak terpengaruhi situasi yang kini terjadi di sepakbola nasional. “Mereka harus tampil normal, tidak terpengaruh pemberitaan dan tetap menenangkan diri. Justru dengan kemenangan serta prestasi yang mereka buat akan menjadi penghibur bagi dunia sepakbola Indonesia saat ini. Dan semoga kedua belah pihak baik Menpora dan PSSI dapat juga melihatnya,” harapnya.

Ferdinan mengaku selama perhelatan SEA Games ini, dirinya selalu menyempatkan diri menonton secara langsung di televisi penampilan timnas U23. “Mereka adalah putra terbaik bangsa Indonesia dan wajib kita support. Saya juga berharap penampilan timnas U23 dapat menggugah pemangku kebijakan di tanah air untuk segera menyelesaikan permasalahan sehingga pesepakbola dapat segera berlatih, bertanding dan berkompetisi seperti biasanya,” pungkasnya.

Artikel Terkait