PALEMBANG — Mengantisipasi terjadinya kekerasan pada anak-anak harus dimulai dari keluarga. Hal ini diungkapkan oleh ketua TP PKK provinsi Sumatera Selatan, Eliza Alex Noerdin usai menghadiri kegiatan peringatan Hari Anak Nasional di Gedung Wanita Sriwijaya, Selasa (02/8).

Menurutnya, membentuk karakter anak yang kuat, bermoral dan berprestasi harus dimulai sejak dini. “Diawali dari skup terkecil yakni keluarga dan lingkungan yang menanamkan pendidikan berkualitas sehingga menghasilkan generasi anak-anak yang baik,” ungkapnya.

Ditambahkan Eliza, kekerasan terhadap anak-anak merupakan hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak. “Oleh karena itu kita harus lebih giat lagi memberikan sosialisasi dengan semua kalangan untuk stop kekerasan pada anak,” katanya.

Kedepannya, Eliza berharap angka kekerasan terhadap anak-anak dapat berkurang secara signifikan serta kenakalan anak juga bisa ditanggulangi. “Kenakalan anak-anak saat ini begitu melampaui, meskipun di Sumsel masih aman tetapi kita harus tetap berjaga-jaga untuk mengantisipasinya dan dalam hal ini butuh peran orang tua juga tenaga pendidik,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Kesejahteraan rakyat (Kesra) Akhmad nadjib menegaskan, anak sebagai generasi penerus bangsa harus diberikan kasih sayang dan perlindungan moral agar dapat melaksanakan pendidikan secara nyaman sehingga menghasilkan anak-anak hebat. “Hal yang terpenting adalah anak-anak memiliki kebebasan dan dapat mengembangkan potensi diri yang positif,” tegasnya.

Menyikapi kekerasan terhadap anak yang masih sering terjadi, Akhmad Nadjib mengajak semua pihak untuk mensosialisasikan dan mengkampanyekan stop kekerasan anak supaya tidak terjadi lagi. (juniara)

RelatedPost