Tidak hanya di tingkat provinsi, Asprov PSSI Sumsel pun kini langsung bersiap untuk melaksanakan turnamen sepakbola wanita tingkat regional Sumatera. Apalagi pelaksanaan turnamen sepakbola wanita Eliza Alex Noerdin Cup 2016 yang masih berlangsung hingga saat ini mendapat pujian dari banyak pihak.

“Turnamen pertama ini memang kita jadikan sebagai ajang pembelajaran buat Sumsel, karena di Asian Games 2018 nanti sepakbola wanita pun akan dipertandingkan. Jadi kita perlu bersiap, baik untuk penyelenggaraanya maupun pembinaan pesepakbola putri,” ujar Eliza Alex saat membuka secara resmi turnamen, Rabu (18/5) sore di stadion Bumi Sriwijaya Palembang.

Salah satu yang tengah dibidiknya nanti adalah turnamen yang lebih prestise di tingkat Sumatera. “Kita akan undang tim dari daerah tetangga seperti Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Babel, Sumatera Utara dan Sumatera Barat sehingga kemampuan anak didik kita terus terasah. Target kita ingin saat Asian Games 2018 nanti ada perwakilan putri Sumsel yang masuk ke dalam timnas sepakbola putri Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, ketua pelaksana turnamen Eliza Alex Noerdin Cup Wenny Ramdiastuti menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh Asprov PSSI di Indonesia pasca pencabutan sanksi FIFA minggu lalu. “Untuk Indonesia, kita adalah daerah pertama yang melaksanakan turnamen sepakbola wanita. Jadi tidak hanya untuk memperingati Hari Kartini dan Kebangkitan Nasional, namun pelaksanaan even ini juga untuk menyaring atlet berbakat yang selama ini sudah dibina di setiap kabupaten-kota dan kita harapkan dapat menjadi embrio timnas putri nasional saat Asian Games nanti,” ujarnya.

Pelatih PS Palembang, Yoyon Supriyono sendiri menyambut baik even ini dan berharap dapat terus bergulir setiap tahunnya. “Saat ini kami membina puluhan pemain yang masih berstatus pelajar, baik SMP maupun SMA. Banyak bakat di Palembang, namun tentu harus ada kompetisi untuk meningkatkan kualitas mereka. Kami senang dengan turnamen seperti ini, apalagi hadiah yang disiapkan sangat menarik dan mampu menjadi penyemangat para pemain. Semoga kegiatan serupa terus digelar setiap tahunnya,” harapnya. (deddy)

Artikel Terkait