Laskarwongkito.com — Mengunjungi kota Palembang, tidak melulu harus ke jembatan Ampera saja. Kamu juga bisa berkunjung ke hutan wisata Punti Kayu. Punti Kayu adalah taman hutan pinus dengan luas 12 hektar dan dibangun sejak pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1937.

Sebelum bernama Taman Punti Kayu, taman wisata alam ini pernah dinamakan Taman Sari serta Syailendra. Sempat ngehits di tahun 90 hingga awal 2000, namun dikarenakan banyaknya tempat wisata yang semakin bertambah di Palembang, punti kayu sempat ditinggalkan dan sepi pengunjung.

hutan-wisata-punti-kayu-14

(Sumber foto: bp.blogspot.com)

Taman Punti Kayu berlokasi di Jl Kol Burlian KM 5. Selain menyuguhkan wisata hutan pinus terdapat juga fasilitas outbound,  taman bermain, waterpark, dan kebun binatang mini.

Selain itu, taman Punti Kayu juga bisa menjadi alternatif mengenalkan anak-anak kepada alam , karena selain hutan pinus terdapat juga kebun binatang mini yang berisi aneka satwa seperti orang hutan, buaya, burung, kuda dan lain-lain. Namun sayangnya, kebanyakan binatang di sni berada di dalam sangkar.

Selain itu, di Taman Punti Kayu dibuka program penanaman pohon hingga paket wisata anak cerdas yang bisa dimanfaatkan oleh para orang tua yang ingin mengenalkan alam sedini mungkin pada anak-anak.

Nah, buat yang belum tahu, saat ini di Taman Punti Kayu dibuka wahana baru yang diberi nama Replika Landmark Keajaiban Dunia. Landmark seperti Menara Pisa, Menara Eifel, Pyramida Mesir bisa kita temui di sini.

pk-3

(Sumber foto: bp.blogspot.com)

Dan tempat ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk ber-selfie ria. Jadi tidak mengherankan jika di jejaring social, lokasi ini ramai diperbincangkan.

Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Taman Punti Kayu,  tiket masuk nya  Rp. 5.000,- untuk anak-anak dan Rp.10.000,- untuk dewasa.

Pada hari libur dan hari Minggu, harga tiket dewasa menjadi Rp.12.000,- dan Rp.6.000,- untuk anak-anak.

Jika membawa kendaraan pribadi, bisa membawa kendaraan masuk ke dalam area hutan wisata Punti Kayu ini, kita harus membayar Rp 6.000,- untuk motor dan Rp. 12.000,- untuk mobil sebagai tiket masuk kendaraan.

Suasananya yang asri dan sejuk, bisa membantu mengembalikan suasana hati setelah sepekan berjibaku dengan pekerjaan. Di sini kamu bisa melakukan aneka kegiatan yang menyenangkan. Di antaranya:

1. Bersantai

punti-kayu

(Sumber foto: dentistvschef.files.wordpress.com)

Menggelar tikar di bawah teduhnya pohon pinus sembari menikmati bekal yang dibawa memang sungguh nikmat untuk dilakukan di taman ini. Panasnya Kota Palembang dapat dihalangi oleh sejuknya suasana taman. Canda tawa atau sekedar bercerita antar sesama anggota keluarga dapat memberikan manfaat yang positif karena akan semakin mempererat rasa kekeluargaan. Selain itu, beberapa gazebo yang berada di lokasi taman juga tepat untuk dijadikan sebagai tempat bersantap ria bersama keluarga. Tidak ada biaya sewa untuk menggunakan gazebo ini.

2. Jembatan Gantung

hutan-wisata-punti-kayu-11

(Sumber foto: hellopalembang.com)

Berjalan di atas jembatan beton adalah sesuatu hal biasa, namun jika Anda mencoba berjalan di atas jembatan gantung akan dirasakan sebuah sensasi yang sedikit menegangkan namun menyenangkan. Selain itu, di bawah jembatan gantung Taman Wisata Punti Kayu Palembang terdapat sebuah danau yang dipakai untuk permainan sepeda air atau perahu bebek. Jangan lewatkan kesempatan untuk bersantai bersama keluarga sembari berolahraga mengayuh sepeda air mengelilingi luasnya danau Punti Kayu.

3. Kid Water Park

pk-4

(Sumber foto: bp.blogspot.com)

Bahagiakan dan manjakan putera puteri Anda untuk bermain di area Kid Water Park Taman Wisata Punti Kayu Palembang. Dikarenakan lokasinya yang berada di dalam hutan wisata, pastinya udara di sekitar wahana air ini sejuk, bersih dan menyegarkan.

4. Arena Bermain

bianglala-di-punti-kayu-palembang

(Sumber foto:pergiberwisata.com)

Lokasi arena bermain berada tidak jauh dari jembatan gantung. Di dalam arena ini wisatawan bisa menikmati beberapa permainan yang menyenangkan seperti ayunan, bianglala, dan juga komedi putar. Arena bermain Taman Wisata Punti Kayu Palembang hanya dibuka pada hari Minggu.

5. Outbound

hutan-punti-kayu-palembang

(Sumber foto: pergiberwisata.com)

Bagi wisatawan yang ingin memberikan sebuah pengalaman kepada anak-anak agar bisa melawan rasa takut terhadap ketinggian, fasilitas outbound di Taman Wisata Punti Kayu Palembang merupakan sarana yang tepat untuk kegiatan tersebut.

6. Berkemah

6120744mof

(Sumber foto: man3plg.sch.id)

Taman Wisata Punti Kayu Palembang juga menyediakan lahan yang bisa dimanfaatkan untuk berkemah. Umumnya anak-anak Pramuka sering berkemah di tempat wisata ini. Terdapat 3 lokasi yang telah disediakan yaitu tipe Pinus, Mahoni, dan Akasia.

8. Kebun Binatang Mini

wisata-punti-kayu-palembang

(Sumber foto: pergiberwisata.com)

Kehadiran kebun binatang mini di Taman Wisata Punti Kayu Palembang pastinya akan semakin melengkapi aktivitas liburan Anda di tempat ini. Beberapa hewan yang berada di dalam kebun binatang antara lain siamang, elang, buaya, kuda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ayo, ke Punti Kayu! (red/dil)

Related Post