PALEMBANG — Efesiensi dana yang dilakukan pemerintah pusat saat ini tentu langsung berdampak pada pemerintah daerah yang harus mengencangkan penghematan dan membagi dana sesuai dengan kebutuhan yang utama agar kepentingan masyarakat umum masih dapat berjalan dengan baik.

Kepala Biro Kesra Pemvrop Sumsel, Ahmad Nasuhi, Rabu (9/11), mengungkapkan dengan adanya pemangkasan anggaran secara otomatis berdampak dengan sejumlah kegiatan di jajaran Kesra dan harus lebih selektif lagi dalam memilah kegiatan yang akan dilakukan.

Menurutnya secara umum kegiatan yang bersangkutan dengan urusan umat tetap berjalan sebagaimana mustinya meski memang ada sedikit penghematan, kegiatan tetap ada namun akan dipilah-pilah mana yang perlu dan tidak perlu.

“Kalau kegiatan keagamaan tetap ada namun sedikit ada penciutan dan lebih memperhatikan kemaslahatan agar tidak mubasir,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan untuk kegiatan dan uang transportasi haji serta umroh tetap akan berjalan sesuai yang diharapkan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin, namun tetap harus diakui memang ada penyesuaian  dengan dana yang ada.

Untuk tahun 2016 sudah ada sekitar 600 orang telah diberangkatkan umroh oleh pemprov Sumsel, yang didalam ada berbagai kalangan berprestasi yakni para Veteran dan masyarakat berprestasi, termasuk Guru, pengurus Masjid dan Majelis Taklim.

“Tahun 2016 pada akhir desember secara keseluruahan ada sekitar 2000-3000 orang jemaah umroh umum akan memulai keberangkatan dengan via langsung jedah menggunakan Garuda,” jelasnya.

Selanjut sebagai informasi kepada masyarakat, untuk keberangkatan umroh via Palembang langsung Jedah menggunakan pesawat Garuda akan uji coba pada akhir 2016 sebelum dilaksanakan secara permanen pada tahun 2017 mendatang.

“Dari sisi pemerintah kami selalu mengingatkan kepada masyarakat yang akan berumroh dan haji selalu pastikan biro yang akan digunakan aman, lalu jangan terpengaruh harga murah karena belum tentu bisa berangkat,” jelasnya.

Jadi yang terpenting katanya lagi,  dalam kondisi sulit seperti saat ini, hendaknya setiap kegiatan yang akan dilaksanakan harus disikapi secara baik dan bijaksana. (juniara)

RelatedPost