PALI — Puluhan kelompok istri-istri pegawai di Kabupaten PALI berlomba membuat kreasi baru kuliner berbahan dasar ubi. Mereka sengaja ditantang oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten PALI dalam lomba kuliner yang digelar di gedung Pesos Komplek Pertamina Pendopo, Selasa (11/4).

Uniknya, para peserta ditantang mengkreasikan resep dari hasil bacaan yang diperoleh dari buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan PALI kemudian dipraktekkan langsung dihadapan juri yang sengaja didatangkan oleh panitia ahli masak Chef Bahtiar dari hotel Aryaduta Palembang.
Lomba kuliner tersebut dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) PALI Robby Kurniawan, dihadiri kepala kejaksaan negeri Kabupaten PALI, Yunita Ariffin, juga ketua DWP PALI Hj Rizki Aryanti Robby, kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kusmayadi, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab PALI.
“Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT PALI ke -4 juga untuk meningkatkan kreativitas anggota DWP dalam mengolah makanan agar bisa menghasilkan produk baru terutama dari bahan dasar ubi,” ungkap Kusmayadi kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan saat menyampaikan laporannya.
Dijelaskan Kusmayadi, pemenang lomba bakal mendapat Hadiah pembinaan.
“Untuk memotivasi dan penyemangat, seluruh peserta akan mendapat piagam penghargaan langsung dari Bupati.Selain mendapat uang pembinaan, pemenang juga bakal membawa trofi,” jelasnya.
Pada kesempatan itu juga, ketua DWP PALI Hj Rizki Aryanti Robby mengatakan bahwa kegiatan lomba kuliner tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan.
“Sebelumnya, lomba serupa digelar, tetapi tahun lalu lomba kulinernya mengangkat pengolahan makanan berbahan dasar ikan. Kegiatan ini diharapkan akan terus digelar sebagai bentuk upaya meningkatkan kreativitas untuk dapat menghasilkan inovasi baru dibidang kuliner. Selain itu, peserta tertantang untuk mengimplementasikan resep dari buku yang harus dibaca oleh peserta,” katanya.
Sementara itu, Sekda PALI Robby Kurniawan mewakili Bupati PALI Heri Amalido menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut.
“Semoga kegiatan ini membawa manfaat besar serta bisa menumbuhkembangkan minat baca. Sebab, resep dalam lomba ini harus digali melalui buku yang ada di dinas perpustakaan yang harus dibaca dan dipraktekkan hingga menjadi suatu makanan,” kata Sekda.
Sekda juga berjanji, akan menambah hadiah untuk seluruh pemenang lomba.
“Seluruh pemenang lomba bakal ditambah hadiah pembinan sebesar Rp 500.000,- dari hadiah yang diberikan panitia. Hadiah ini dari Bupati untuk memotivasi peserta agar lebih kreatif lagi,” pungkasnya. (Yudhi)

Artikel Terkait