PALEMBANG – Dalam rangka menyambut Asian Games 2018, mahasiswa pecinta alam (Mapala) dari 13 kampus yang ada di provinsi Sumatera Selatan bekerjasama dengan forum Daerah Aliran Sungai (DAS)  provinsi Sumsel akan menggelar penjelajahan sungai Musi pada Juli mendatang.

Ketua forum DAS Sumsel, DR. Syafrul Yunardi mengatakan, dalam kegiatan jelajah sungai Musi, anggota Mapala dari 13 kampus yakni, Universitas Muahammadiyah Palembang, Universitas Sriwijaya, Universitas Indo Global Mandiri dan Mapala Universitas lainnya akan menyusuri sungai Musi dari hulu ke hilir.

“Dalam penjelajahan sungai Musi ini, Mapala akan menyebar 10 ribu bibit pohon, jadi mereka akan menyusuri dari hulu DAS Musi hingga ke hilir, mulai dari Empat Lawang terus ke Muba, Banyuasin hingga  ke Palembang,” ujar Syafrul disela kegiatan Rimbauan berbagi di halaman kantor Dinas Kehutanan provinsi Sumsel, Selasa (13/6).

Selain itu, sambungnya, para Mapala tidak hanya menanam bibit pohon di Sungai Musi namun juga memeriksa kondisi air sungai dan kualitas  lingkungan hidup, nantinya hasil dari penjelajahan sungai Musi tersebut akan dipresentasikan di Griya Agung dan dibukukan agar bisa menjadi acuan dan manfaat bagi orang banyak.

“Ini adalah bentuk  support mahasiswa dalam rangka mensyiarkan Asian Games 2018 sehingga Sumsel lebih hijau, kualitas lingkungan hidup lebih bagus,” singkatnya. (Juniara)

 

Artikel Terkait