PALEMBANG — Dalam rangka mendukung pemerintah, Ikatan Penasehat Hukum (IPHI) Sumatera Selatan bertekad untuk memerangi pungutan liar (pungli) karena pungli sudah mengakar di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Taufik Husni, ketua DPD IPHI Sumsel periode 2016-2121, Senin (31/10). Menurutnya, tugas pokok IPHI saat ini lebih fokus untuk meminimalisir pungli dan suap pada semua sektor pelayanan publik.
”Kita berharap dari para advokat yang tergabung dalam IPHI agar mendukung pemberantasan pungli dan suap,” Tegas Taufik Husni yang berkantor di Partners Taufik Husni & Associates

Dijelaskan Taufik, saat ini masih banyak masyarakat yang belum menemui keadilan dan menjadi korban karena pelayanan hukum yang belum maksimal melayani masyarakat . “Kedepan kita perangi pungli terutama di dunia hukum dan pelayanannya,” Kata Taufik Husni yang juga lulusan UNTAG Jakarta Pasca Sarjana Magister Ilmu Hukum.

Selain itu, dalam visi dan misinya menjadi ketua IPHI, Taufik akan membawa IPHI sebagai organisasi advokat yang di perhitungan dan besar tapi tidak melangkahi anggarran dasar IPHI dan sumpah Advokat. Karena menurutnya IPHI selama ini bagian dari salah satu organisasi yang melahirkan Peradi dan KAI.

“ Sebenarnya beban juga membawa nama IPHI ini karean sempat Stagnan pada 2008, tapi kita berharap dengan amanah ini, kita akan berkerja sebaik mungkin dan program yang paling dekat adalah melaksanakan ujian Advokat,” ucapnya.

Sementara Tokoh Sumsel H. Susno Duadji menilai, IPHI sangatlah bagus karena IPHI adalah bagian dari penegak hukum. Penegak hukum sekarang menurut undang-undang walupun dalam prakteknya tidak sejajar.

“Jangan senang dulu para advokat dan harus diperjuangkan agar sejajar, contohnya hal kecil kalau saksi dipanggil oleh polisi, jaksa dan hakim jika tiga kali tidak datang maka akan di jemput tapi kalau pengacara atau penasehat hukum memanggil saksi dan saksi tidak hadir, pengacara tidak mampu menjemput,” jelasnya.

ditambahkan Susno Semboyan Advokat itu harus diperjuangkan dengan cara memperkuat pengacara, karena pengacara dalam posisi membela orang tersangkut masalah pidana atau perdata. (juniara)

RelatedPost