PALEMBANG — Provinsi Sumatera Selatan yang mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendapatkan apresiasi dari Duta Besar Amerika Serikat. Apalagi dengan berbagai persiapan yang dilakukan pemprov Sumsel dengan matang khususnya dibidang infrastruktur.

Duta Besar Berkuasa Penuh Amerika Serikat untuk RI, Mr Joseph Donovan setelah bertemu dengan Gubernur Sumsel beserta jajarannya, selasa (04/04) mengatakan setelah mendapat penjelasan dari Gubernur. Maka ada beberapa kemungkinan dilakukan untuk kerjasama.

Menurutnya, berdasarkan penjelasan tersebut Joseph Donovan yakin bahwa banyak sekali peluang-peluang bagi perusahaan-perusahaan Amerika Serikat di Sumatera Selatan seperti dibidang energi kemudian di bidang teknologi dan juga di bidang penerbangan.

“Kita akan memperhatikan peluang tersebut, kedepan akan terus kita lakukan upaya peningkatan kerjasama,” urainya.

Dijelaskan sebagai duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia yang baru, ia ingin memastikan bahwa hubungan antara Amerika Serikat dan Sumatera Selatan sudah jauh sekali sejarahnya termasuk dengan didirikannya perusahaan Amerika Serikat antara lain Cargil dan juga ConocoPhillips.

“Kunjungan saya ini merupakan tindak lanjut yang dilakukan beberapa tahun yang lalu untuk membangun hubungan antara Sumatera Selatan dan Amerika Serikat dan juga tindak lanjut dari kunjungan duta besar Amerika Serikat terdahulu yang telah memperkenalkan perusahaan Amerika Serikat ke Sumsel,” ungkap.

Dalam pertemuan tersebut Dubes membawa perwakilan perusahaan Amerika seperti dari San Power dan juga ada perwakilan dari Motorola mereka ikut hadir untuk menunjukkan dukungan mereka untuk masa depan Sumatera Selatan yang lebih baik.

Dalam membina hubungan kedepan, pihak Dubes akan mendapatkan dukungan juga dari KADIN yang ada di Sumatera Selatan dan juga KADIN yang ada di level skala di Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada kesempatan yang sama menyampaikan pertemuan tersebut dilaksanakan untuk mempererat hubungan antara Sumsel dan Dubes Amerika dimasa mendatang.

“Kita harap kedepan akan ada kerjadasama antar kedua pihak,”tutupnya. (juniara)

Artikel Terkait