PALI — Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI membahas 2 Rancangan peraturan daerah (Raperda) dari 11 Raperda yang diajukan pemerintah kabupaten PALI, dengan jadwal penyampaian pemandangan umum Fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang Pemdes dan RPJMD.

Rapat tersebut dibuka wakil ketua I DPRD Devi Haryanto diikuti 17 orang dari 24 anggota dewan dengan dihadiri Bupati PALI Heri Amalindo, Wabup Ferdian Andreas Lacony dan sejumlah kepala SKPD dan FKPD.

Fraksi PDI-P dalam menyampaikan pemandangan umumnya dibacakan oleh Adi Warsito, fraksi Demokrat oleh Tuti Ilsan,fraksi PAN oleh Erwin Syaputra, fraksi Golkar oleh Suarno, fraksi Nasional hati berbintang oleh Sudarmi dan fraksi P3KS oleh Aka Cholik Darlin yang intinya mendukung 2 Raperda yang diajukan Pemkab.

Rata-rata fraksi menjelaskan pentingnya Perda pemerintah desa (Pemdes),mengingat banyaknya Desa yang belum definitif, dengan dikeluarkannya Perda Pemdes, Desa bisa menentukan pembangunannya juga bisa menyusun struktur pemerintahan desa.

Sedangkan Raperda RPJMD juga tak kalah pentingnya dengan Raperda Pemdes sebagai penentu pembangunan daerah kedepanya, namun perlu ditempatkan orang-orang yang berkompeten, perencanaan pembangunan perlu disusun matang namun harus di barengi pembinaan dan pengawasan.

Berbagai masukan dan saran lainya juga diberikan Fraksi-fraksi kepada Pemkab PALI untuk dijelaskan oleh Bupati pada rapat Paripurna selanjutnya yang akan digelar pada Senin (22/8) untuk mendengar jawaban Bupati PALI atas pemandangan umum Fraksi-fraksi yang disampaikan hari ini. (yudhi)

RelatedPost