Laskarwongkito.com-Kementerian BUMN RI bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar event Spirit of Millennials Games Day 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/9). Festival ini merupakan bagian dari program Spirit of Millennials yang diinisiasi Kementerian BUMN untuk memberikan wadah kreativitas dan inovasi bagi karyawan muda yang akan dibentuk di masing-masing BUMN guna mendorong semangat transformasi BUMN dalam menghadapi era perubahan.

Spirit of Millennials Games Day 2018 merupakan festival permainan digital yang terdiri dari beberapa kegiatan di antaranya Turnamen PUBG Millennial BUMN, Turnamen Millennial Pro Mobile bagi komunitas yang didukung jaringan Telkomsel, BOD Games Exhibition yang mengikutsertakan jajaran direksi BUMN untuk bertanding dengan pemain profesional, dan Turnamen Millennial Pro yang diikuti oleh 16 finalis pertandingan IndiHome E-Sport League 2018 yang merupakan pemain profesional. 16 Finalis ini telah tersaring dari 3.000 peserta yang 75% di antaranya merupakan pelanggan IndiHome.

Menteri BUMN RI Rini Soemarno mengapresiasi peran aktif Telkom dalam menggali potensi generasi muda, khususnya karyawan milenial BUMN. Menurutnya, melalui program Spirit of Millennials, kementerian BUMN berusaha memaksimalkan potensi karyawan milenial setiap BUMN agar bisa menjadi aktor utama perubahan positif baik bagi perusahaan maupun bagi Indonesia.

“Lewat program Spirit of Millennials, Kementerian BUMN mendorong semangat kreativitas, kebersamaan, kerja sama dan sportivitas para generasi muda BUMN yang diharapkan bisa ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat,” kata Menteri Rini.

“Telkom menuangkan semangat milenial tersebut dalam sebuah permainan digital yang sedang populer. Apa yang dilakukan Telkom cukup menarik, sebab permainan mencerminkan kecerdasan, kreativitas dan sportivitas para milenial BUMN,” imbuh Rini.

Ia menjelaskan, inisiatif Spirit of Millennials ini bertujuan agar jajaran manajemen di BUMN dapat terus membina karyawan mudanya agar bisa menjadi pegawai yang berkualitas, inovatif, dan kreatif.

“Sehingga nantinya bisa membawa BUMN menghadapi berbagai perubahan di era globalisasi ini. Kami berharap BUMN dapat senantiasa eksis sebagai salah satu instrumen penting yang pendorong perekonomian bangsa,” ujar Rini.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan bahwa Spirit of Millennial Games Day 2018 ini ditujukan dalam rangka mengembangkan inovasi games digital, yang diharapkan dapat mendorong perkembangan industri games di Indonesia, sehingga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Alex berpesan agar generasi milenial mampu bersinergi mengembangkan ekosistem industri games nasional. “Para milenial diharapkan dapat menciptakan value-added dalam setiap permainan, sehingga yang ditawarkan tidak hanya sekedar permainan yang menyenangkan, tetapi permainan yang mampu mempertajam cara berpikir, menggali kreativitas dan sportivitas, serta edukatif, sehingga games dapat digunakan sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan memperkenalkan berbagai kebudayaan lokal atau internasional. Dengan begitu, ekosistem industri games nasional akan semakin berkembang pesat dan daya saing developer games Indonesia pun akan meningkat,” demikian jelas Alex.

Dalam festival games ini, terdapat juga talk show dan coaching clinic dengan tema “Peran Millennials dalam Membangun Industri Games Indonesia di Masa Depan” dengan narasumber yang telah berkarya di industri games Indonesia.

Spirit of Millenials Games Day 2018 menyediakan hadiah dengan total ratusan juta rupiah dan dimeriahkan oleh berbagai pengisi acara dan rangkaian acara menarik lainnya seperti kompetisi cosplay, kompetisi logo tim, kompetisi publikasi media sosial, serta hiburan permainan lainnya seperti archery, can toss, dan dart balloon. (Red/ril)

RelatedPost