PALEMBANG — Dalam rangka memperingati hari jadi provinsi Sumatera Selatan yang ke 71 dan Road to Asian Games 2018, pemerintah provinsi (pemprov) Sumsel menggelar kegiatan Sriwijaya Expo selama sepekan.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Pelataran Benteng Kuto Besak pada tanggal 12 – 16 Mei mendatang mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB. Rencananya kegiatan Sriwijaya Expo akan diikuti oleh Kementrian dan lnstansi Pemerintah Pusat, Pemerintah provinsi serta kabupaten/Kota se-Undonesia, BUMN/BUMD dan mitra binaan, Pelaku Usaha Perdagangan, lndustri, Pariwisata, & Olahraga, Asosiasi, Organisai, Lembaga terkait, Swasta Nasional dan Pelaku UMKM.

Ditargetkan pada pelaksanaan Sriwijaya Expo nanti dengan hadirnya 200 stand, panggung hiburan, aneka limba dan festival kuluner nusantara bisa menarik minat pengunjung sebanyak 20.000 orang perhari.

Kepala Dinas Perdagangan provinsi Sumsel, Ir Permana mengatakan, kegiatan Sriwijaya Expo ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya apapun bagi pengunjung.

“Rasanya tidak berlebihan jika launching ini dipublikasikan secara besar-besaran supaya acara ini nanti bisa berjalan lancar dan besar,” kata dia disela kegiatan grand launching Sriwijaya Expo di Daira Hotel, Jumat (10/03).

Dijelaskan Permana, ada tiga hal yang mendasari terlaksananya kegiatan Sriwijaya Expo, yang pertama karena peserta yang hadir dari berbagai negara dan daerah yang ada di Indonesia sehingga mencerminkan Road to Asian Games.

Kedua lanjut Permana, ini merupakan warna lain dari seluruh SKPD di Indonesia karena turut berperan, dan terakhir ini bisa membawa dampak baik bagi perekonomian Sumsel.

“Karena biasanya ada transaksi dagang yang besar, ini akan menguntungkan kita,” ujar Permana.

Sementara, Wakil Gubernur Sumsel H. Ishak Mekki menuturkan bahwa kegiatan Sriwijaya Expo juga berkaitan dengan kegiatan olahraga dan menciptakan sport tourism.

“Ini harapan untuk pelaku usaha baik besar menengah dan kecil bisa memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk memamerkan hasil dagangan terutama produk-produk unggulan yang ada di Sumsel dan tentu jug bisa memperbanyak chanel,” ucap orang nomor dua di Sumsel ini.

Disebutkan Ishak, provinsi Sumsel telah ditetapkan sebagai sebagai destinasi wisata olahraga, apalagi dengan banyaknya event olahraga nasional dan internasional yang terselenggara di Sumsel. “Untuk itulah kita ditunjuk oleh Mentri sebagai tempat pariwisata olahraga. Mudah-mudahan pameran nanti sukses dan berjalan lancar serta kemajuan di bidang perdagangan investasi di Sumsel semakin berkembang,” tutupnya. (juniara)

Artikel Terkait