PALEMBANG — Dalam rangka untuk lebih meningkatkan kunjungan wisata ke Sumatera Selatan khususnya kota Palembang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel (Disbudpar) menyiapkan bus wisata gratis yang nantinya akan melayani pengunjung ke sejumlah tempat wisata di Palembang.

Peluncuran bus wisata secara simbolis sendiri digelar di kantor Disbudpar Sumsel, Senin (11/7) siang dan dipimpin langsung oleh Kadisbudpar Sumsel, Irene Camelyn Sinaga serta dihadiri perwakilan blogger dan penggiat wisata Palembang.

8838343d-102e-4fb1-8958-0eebc3bcda6c

Bus ini sendiri nantinya akan membawa pengunjung dari Benteng Kuto Besak menuju Museum Balaputera Dewa yang terletak di kawasan KM 5. “Untuk tahap awal, bus wisata ini akan kita siapkan di akhir pekan. Jadi setiap Sabtu dan Minggu kami persilahkan bagi masyarakat yang ingin menikmati fasilitas ini secara gratis,” jelas Irene.

Pihaknya sendiri merencanakan di setiap akhir pekan, ada 3 kloter keberangkatan yang bisa dipilih oleh masyarakat, yakni pukul 10.00 WIB – 13.00 WIB – 15.00 WIB. “Bus ini bisa menampung 25 pengunjung, buat yang ingin memesan bisa langsung menghubungi kantor Disbudpar Sumsel jika takut nanti penuh,” terangnya.

Dalam perjalanan, pengunjung pun akan dipandu oleh guide yang berpengalaman serta melewati beberapa titik wisata lainnya. “Ini adalah percontohan, tidak menutup kemungkinan nantinya kami juga akan membuka rute lain disamping BKB – Museum Balaputera Dewa. Bisa saja ke kawasan Al Quran raksasa di Gandus atau Bukit Siguntang,” tambahnya.

Sementara itu, Edo salah satu blogger yang berkesempatan menjajal bus wisata ini menyambut baik terobosan Disbudpar Sumsel ini. “Namun kalau bisa di dalam bus juga disediakan wifi, sehingga pengunjung bisa langsung memposting kegiatannya, selain itu memang soal rute mungkin bisa dipertimbangkan ke kawasan lain yang selama ini cukup jauh seperti Kampung Arab. Masjid Cheng Ho atau TPKS,” sarannya. (dedi)

RelatedPost