PALEMBANG — Dalam rangka memperkenalkan sejarah perjalanan Cheng Ho pada abad ke tujuh hingga abad ke delapan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar launching replika kapal perjalanan laksamana Cheng Ho di pelataran Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) , Sabtu (23/7).

Kepala  Disbudpar Sumsel,  Irene Camelyn Sinaga mengatakan untuk mengemban misi kebudayaan kerajaan Ming, Tiongkok mengutus Laksmana Cheng Ho, pada saat itulah timbul rasa kekaguman terhadap kota Palembang , hingga dari tujuh kali perjalanan Cheng Ho mengelilingi nusantara, diantaranya empat kali ia singgah di kota Palembang. “Ada apa dengan palembang yang sampai empat kali cheng ho datang kepalembang?,” tanyanya.

Didasari hal tersebut, menurutnya untuk membangkitkan kembali ingatan masayarakat akan kebesaran kota Palembang di mata dunia melalui perjalanan penting dari misi yang diemban laksmana Cheng Ho.

Sementara itu, Deputi Pengembangan Destinasi Kementerian Pariwisata Dan Kebudayaan Dadang Rizki Rahman mengapresiasi pemprov Sumsel yang telah menggabungkan budaya dan pariwisata. “Dari 100 persen wisata yang di kunjungi oleh wisatawan ada, diantaranya 60 persen yang disukai adalah mengeskplor wisata budaya,” ungkapnya.

“Dalam  pengembangan destinasi wisata harus mempunyai strategi  yang matang, karena pariwisata menambah nilai ekonomi, budaya dan lingkungan, nilai manfaat persahabatan dengan menata kawasan destinasi, mempromosikan dengan membranding, sumber daya masyarakat,” tutupnya. (juniara)

Related Post