PALEMBANG — Saat menjamu Persiba Balikpapan dalam lanjutan kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Sabtu (3/9) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, tim tuan rumah belum dapat menurunkan tim terbaiknya. Pasalnya beberapa pemain masih diragukan dapat turun di laga perdana putaran kedua ini.

“Yang sudah pasti absen adalah M Ridwan, meski kondisinya kini sudah membaik namun masih sangat riskan bila dipaksakan bermain. Mungkin baru di laga berikutnya dia sudah bisa turun ke lapangan hijau lagi,” jelas pelatih laskar wong kito, Widodo C Putro saat dihubungi Jumat (2/9) sore.

Sementara Firman Utina yang di 2 laga sebelumnya juga harus absen karena cedera kini sudah mulai sembuh 100 persen. “Untuk latihan, Firman Utina sudah bisa mengikuti secara penuh. Jika dalam kondisi terbaiknya, bisa saja akan kami mainkan sejak menit awal nantinya,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi, M Ridwan sendiri mengaku kondisinya kini sudah pulih dan rasa nyeri di bagian punggunya sudah mulai beranjak hilang. “Tadi sudah bisa berlatih berat, kemarin pun saat diperiksa di dokter ortopedi, progressnya sudah mulai membaik. Mungkin Senin nanti saya sudah bisa berlatih penuh bersama rekan-rekan yang lain,” jelas pemain asal Semarang ini.

Sementara itu, di kubu tamu, Persiba Balikpapan juga harus kehilangan 1 orang pemainnya di laga ini. Bek senior penuh pengalaman, Iqbal Samad harus menepi karena menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. “Iqbal pemain penting buat kami, namun sejak awal kami selalu menekankan bahwa tim ini tidak pernah bergantung dengan 1 orang pemain saja, jadi saya yakin siapapun pemain penggantinya akan dapat mengisi perannya dengan baik,” ujar arsitek Persiba, Jaino Matos.

Tidak hanya Iqbal Samad, di laga ini Persiba juga tidak akan bisa didampingi Jaino Matos yang juga terkena sanksi serupa dan harus menyaksikan laga ini melalui tribun. “Kami sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dan pemain kami pasti tidak akan terpengaruh. Tidak masalah saya harus menyaksikan dari mana,” ujar Jaino.

Kapten tim Persiba yang juga merangkap sebagai asisten pelatih, Bima Sakti mengaku absennya Jaino di bench nanti saat melawan SFC pasti akan menimbulkan keanehan bagi Shohei Matsunaga dkk di lapangan. “Pasti berbeda, karena selama ini Jaino ada bersama kami di setiap laga. Namun kami sudah bertekad memberikan yang terbaik, apalagi sebenarnya dia tetap ada walau di tribun nanti. Saya pun sebagai asisten pelatih sangat yakin bahwa seluruh pemain sudah tahu apa yang mesti dilakukan nantinya,” ujar legenda sepakbola Indonesia ini. (dedi)

RelatedPost