PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H.Alex Noerdin secara langsung membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tk II (Diklatpim tk II ) Palembang di Balai Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sumsel, Senin (08/08).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) Dr.Adi Suryanto Msi, dan diikuti oleh pejabat struktural tersebut memegang peran penting, selain dapat membangun jejaring kerja dengan berbagai kolega dari instansi pemerintah, Diklat Kepemimpinan merupakan cara untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pejabat.

Adi Suryanto mengatakan, tujuan diklatpim agar di sektor publik, pejabat publik birokrasi yang mampu melakukan perubahan nyata, bukan perubahan angan-angan tetapi terukur.
“Kita harapkan pendidikan dan pelatihan ini, setiap peserta nanti membuat suatu perubahan, suatu inovasi,” ucapnya.
Ia mengharapkan, birokrasi yang melakukan inovasi mempunyai pengalaman memimpin akan ditularkan kepada kawan-kawannya, stafnya sehingga semakin membesar. Dengan melakukan inovasi maka birokrasi semakin kuat, hal itu dibutuhkan karena keinginan akan lebih baik lagi.

Berkaitan dengan perampingan pejabat struktural ia mengatakan, latar belakang dikeluarkannya Peraturan Pemerintah no 18 tahun 2016, itu ujungnya mendapat formasi organisasi yang tepat, size yang tepat ukurannya, sehingga hal-hal mengikuti dapat dikelola lebih ramping lagi.

“Saya berpesan, bahwa penataan organisasi jangan sampai mengorbankan pengembangan peraturan,” pesannya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menanggapi, keinginan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk merampingkan  pejabat struktural, ia sangat mendukung.

“Bagus, kalau ada kebijakan merampingkan pejabat struktural. Siapa yang dirampingkan? pejabat yang tidak kompeten,” ucapnya.

Kedepan akan diadakan uji kompetensi dan assesment kepada pejabat dan pegawai sehingga pejabat dan pegawai memang benar-benar kompeten.

“Kita sudah tidak mengangkat pegawai lagi. Pegawai baru tidak diangkat, pegawai lama pensiun  lama lama ramping juga,” tutupnya. (juniara)

RelatedPost