BANDUNG — Sriwijaya FC akhirnya harus menelan kekalahan perdananya musim ini di kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 setelah takluk dengan skor 0-2 dari tuan rumah Persib Bandung, Sabtu (29/4) malam di stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung. Dengan hasil ini, laskar wong kito masih tertahan di papan tengah klasemen sementara dengan poin 4 dari 3 pertandingan.

Usai pertandingan, pelatih SFC Oswaldo Lessa mengaku anak asuhnya sedikit kebingungan di babak pertama. “Seperti saya prediksi, laga memang berlangsung berat. Tetapi memang di 45 menit babak pertama permainan kami tidak terlalu baik,” ungkapnya usai pertandingan.

Namun setelah turun minum, anak asuhnya disebut sudah mampu keluar dari tekanan dan bermain normal. “Di babak kedua, kami bermain bola sesungguhnya, bermain dari kaki dan bikin peluang. Hal seperti ini biasa dan kami akan perbaiki kedepannya,” ujarnya.

Kapten SFC, Yu Hyun Koo menyebut laga berlangsung keras dan kedua tim saling bersaing sepanjang 90 menit. “Kami sudah bekerja keras, tadi ada 1 momen dimana wasit mengabaikan handsball yang dilakukan Wildansyah. Seharusnya jika memang penalti maka harus diberikan, silahkan lihat di tayangan ulangnya,” keluhnya.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung Jajang Nurjaman mengaku anak asuhnya mampu bermain lepas dan dalam motivasi tinggi untuk meraih poin penuh. “Mereka tahu ini laga penting, motivasi sangat tinggi sehingga mampu bermain baik. Kemenangan atas Sriwijaya cukup membanggakan, tadi pun jika lebih tenang maka seharusnya bisa bikin lebih dari 2 gol,” jelasnya usai pertandingan.

Dirinya pun menolak anggapan bahwa skuadnya sedang dalam tekanan dan kemenangan atas SFC membuktikan mentalitas anak asuhnya. “Soal rotasi, saya beruntung karena punya pemain yang  sama baiknya. Dalam 3 laga, memang kami terus mencari formula terbaik,” tambahnya.

Jalannya pertandingan

Di babak pertama, tuan rumah langsung menggambil inisiatif penyerangan dan menggembur lini pertahanan SFC. Sebuah kelengahan akhirnya harus dibayar setelah Atep mampu mencuri gol di menit 12 dan membawa tuan rumah unggul terlebih dulu. Setelah itu, Maung Bandung terus mendapat angin dan mencatat sejumlah peluang, namun penampilan gemilang Teja Paku Alam mampu mengamankan gawangnya.

SFC sendiri sempat mendapt peluang emas di menit 40 saat tendangan keras Yu Hyun Koo melaju kencang ke gawang Persib yang dijaga oleh I Made Wirawan. Namun sayangnya cannon ball tersebut hanya membentur mistar gawang dan skor 0-1 menutup 45 menit babak pertama.

Di babak kedua, pelatih SFC Oswaldo Lessa langsung melakukan pergantian pemain denga memasukkan Rahmad Hidayat dan Nur Iskandar menggantikan Slamet Budiono dan Hendra Sandi. Sejumlah kesempatan menyamakan kedudukan sempat didapat oleh SFC, tetapi lemahnya penyelesaian akhir membuat Alberto Goncalves dkk gagal mencetak gol. Terus menyerang, lini pertahanan SFC kembali dihukum di menit 75 melalui akselerasi Febry Hariyadi dan mengubah skor menjadi 0-2. Setelah gol ini, tidak ada gol tambahan tercipta dan skor akhir tidak berubah untuk kemenangan tuan rumah. (Dedi)

Artikel Terkait