PALI — Tim penilai lomba desa ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, melakukan penilaian terhadap Desa Raja Barat Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI. Tim yang dipimpin oleh Ketua Pokja IV TP-PKK Provinsi Sumatera Selatan, Ny. Salilul Mukhtar tersebut, disambut oleh Assisten II Sekretariat Pemkab PALI,Gogor Wira Bumi yang mewakili Bupati PALI.

Ny. Meka Soleh, yang membacakan sambutan Ketua TP-PKK PALI,Hj Sri Kustina Amalindo mengatakan, bahwa selain mendukung kegiatan posyandu di seluruh desa bahkan dusun, TP-PKK PALI juga sangat mendukung upaya PHBS, diantaranya adalah dengan program SMS yaitu Stop Mising Sembarangan atau jangan buang air besar sembarangan.

“Diharapkan program ini akan mempercepat upaya pemerintah meningkatkan akses sanitasi masyarakat, dalam hal ini jamban sehat yang menjadi salah satu indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” paparnya.

Ditambahkan oleh Ny. Meka, bahwa keluarga di Desa Raja Barat 100% telah memiliki jamban sehat. Untuk itu diharapkan tidak ada lagi keluarga yang buang air besar sembarangan, sehingga penyakit menular seperti diare dan tipes dapat menurun serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pada waktu yang sama, Bupati PALI, H Heri Amalindo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assisten II, Gogor Wira Bumi mengatakan, bahwa 10 indikator PHBS harus dimulai dari rumah tangga.

“Jika hal itu dapat diterapkan, kami yakin akan tercipta anggota keluarga yang sehat, tidak mudah sakit serta pengeluaran rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan lain diluar biaya pengobatan,” ungkapnya.

Sedangkan pemberdayaan masyarakat lewat kegiatan posyandu, lanjutnya, akan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat agar mampu mengidentifkasi masalah yang dihadapi, potensi yang dimiliki, merencanakan dan memecahkan masalahnya dengan memanfatkan potensi setempat.

Dalam kesempatan itu, Gogor berharap Desa Raja Barat dapat membawa PALI menjadi yang terbaik se-Sumatera Selatan.

“Yang harus diingat, jangan samakan dengan di Palembang, karena di Palembang yang dinilai adalah komplek, sedangkan di PALI yang dinilai adalah masyarakat betul,” pungkasnya.

Usai acara pembukaan, tim tersebut langsung melakukan penilaian ke Posyandu, PHBS dan rumah sehat.

Ditemui disela-sela acara, Ny. Salilul yang mewakili rombongan Tim Penilai lomba didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan PALI,dr Hj Eny Zatila, mengapresiasi masyarakat Desa Raja Barat karena telah merawat dan menjaga lingkungan.

“Artinya informasi untuk mengajak masyarakat sehat, ber-PHBS dan ikut posyandu berhasil, jadi peran pemerintah telah terbukti,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa dari 6 kabupaten/kota yang telah dikunjungi,  Desa Raja Barat selaku wakil Kabupaten PALI berpotensi untuk menjadi juara.

“Jika melihat dari tatanan, Desa Raja Barat sudah masuk nominasi, namun kita masih perlu menilai kabupaten/kota lainnya,” lanjutnya.

Dikatakan dr Eny Zatila, bahwa salah satu upaya Pemkab PALI untuk mempromosikan pola hidup bersih dan sehat adalah baik melalui media, poster serta turun langsung kelapangan dan melalui lagu.

“Jadi dengan lagu ini, masyarakat dapat lebih mudah mengingat apa saja 10 indikator perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Eny.

Selain itu, lanjut Eny, untuk mewujudkan PHBS, Dinkes juga bekerjasama dengan organisasi masyarakat salah satunya TP-PKK.

“Karena TP-PKK kegiatannya lebih banyak kepada rumah tangga, sedangkan kriteria sehat itu harus dimulai dari ikatan keluarga. Untuk bias menjadi keluarga yang sehat maka harus menerapkan 10 indikator PHBS tadi, diantaranya tidak lagi bersalin dengan dukun, menggunakan air bersih, buang sampah pada tempatnya serta memakan aneka ragam buah dan sayar setiap hari,” papar Eny.

Lebih lanjut Eny mengungkapkan bahwa untuk mengubah perilaku masyarakat memang tidaklah mudah, namun dirinya berharap perilaku hidup sehat ini bisa dimulai sejak usia dini.

Acara yang dimulai pukul 11.00 itu, selain dihadiri oleh assisten II Setda PALI, juga dihadiri oleh beberapa Kepala SKPD terkait, para camat se-PALI, Kades se-Kecamatan Tanah Abang serta Pengurus dan Kader TP-PKK, Posyandu dan PHBS se-Kecamatan Tanah Abang. (adv)

RelatedPost