PALI — Pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua diprediksi akan bisa dikucurkan pada bulan depan atau September 2016 mendatang. Pasalnya, hingga saat ini setiap desa di dalam Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), belum juga melengkapi persyaratan yang telah di tentukan, sebelum dilakukanya pencairan.

Hal tersebut dikatakan, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten PALI, Arif Firdaus MSI, bahwa pihaknya sudah berulang kali memberikan himbauan kepada setiap kepala desa di Bumi Serepat Serasan, agar bisa secepatnya menyerahkan kelengkapan persyaratan tersebut.

“Meskipun dananya sendiri belum masuk ke kas daerah. Namun, kita minta setiap desa bisa menyelesaikan persyaratan berupa realisasi kegiatan penggunaan DD untuk tahap yang kedua. Sehingga apabila uangnya sudah dikirim pusat, maka bisa langsung di cairkan ke desa-desa,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya, memprediksi pencairan sendiri kemungkinan besar bisa terjadi di pertengahan September. “Dan bisa juga cair di akhir September. Untuk itu, desa-desa kita minta cepat. Karena, apabila terlambat pengelolaan DD nanti bisa ikut terlambat, apalagi ini menjelang akhir tahun, yang sangat mepet jangka waktu penggunaan DD tersebut,” lanjutnya.

Sebelumnya, ‎Koordinator Pendamping Desa Kabupaten PALI, Dede Fatimah SP sempat mengatakan, bahwa pencairan dana desa tahap pertama, sebesar 60 persen di tahun 2016 ini, yang dimanfaatkan untuk melakukan pembangunan fisik sebesar 75 persen dan pemberdayaan sebesar 25 persen sudah selesai dilaksanakan dengan baik.

“Pengelolaan tahap pertama pencairan dana desa sudah selesai dilakukan pak. Dan desa-desa kita minta sudah memberikan laporan realisasi kegiatan mereka dan mempersiapkan berkas-berkas untuk melakukan pencarian dana desa untuk tahap dua yang tinggal 40 persen lagi,” katanya. (yudhi)

RelatedPost