Mengawali tinjauannya, Presiden menuju Plaza Stadion Gelora Sriwijaya, tempat Presiden mendapat penjelasan mengenai pembangunan stadion dan arena olahraga dari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Selesai dari Plaza Stadion Gelora Sriwijaya, Presiden beranjak ke Venue Bowling.

Di venue bowling, Presiden sebelum mencoba bermain  bowling mendengarkan penjelasan terlebih dahulu soal cara bermain bowling. Setelah itu presiden bermain bowling bersama Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar. Dan yang menarik, pada kunjungan presiden kali ini ikut hadir Menpora baru Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman yang ikut bermain bowling bersama Menpora.

Setelah dari venue bowling, peninjauan dilanjutkan ke venue Wisma Atlet, venue shooting range, venue voli pantai, venue skate board dan  berakhir di venue dayung. Usai meninjau beberapa venue, Presiden mengatakan bahwa mulai dari pagi hingga siang hari tadi, saya datang bersama para  menteri ke Jakabaring ini dalam rangka melihat kesiapan Asian Games 2018.

“Saya datang ke Jakabaring ini untuk melihat persiapan Asian Games 2018 dan melihat venue-venue yang akan dipakai dalam pertandingan nanti. Ada 14 yang ada disini dan saya melihat hampir 99% sudah siap semuanya tinggal hal kecil-kecilan dan saya kira ini bisa dikejar dalam waktu seminggu atau dua minggu ini,” ucapnya

“Pada hari ini ada lomba dayung perahu naga Piala Presiden 2018. Lomba ini bagian dari sebuah pemanasan menuju ke Asian Game 2018. Artinya, Jakarta maupun di Palembang sudah siap. Saya memberikan target kepada Menpora minimal 10 besar, karena di Asian Games yang lalu, kita di urutan ke 17.  Syukur-syukur bisa masuk ke 8 besar dan itu semua sudah ada hitung-hitungannya,” jelasnya.

Sementara itu, Menpora menyampaikan bahwa semua cabang olahraga menjadi unggulan. “Dayung kita targetkan 2 medali emas, demikian pula panjat tebing, skateboard dan beberapa cabor yang lain. Sedangkan untuk bonus, akan menjadi bonus terbesar sepanjang sejarah Asian Games. Bapak Presiden mengarahkan minimal Rp 1,5 miliar bagi peraih medali emas. Kemudian diangkat sebagai PNS dan tentu akan mendapatkan bonus rumah bagi peraih medali emas,” ujarnya.

Terkait pelatnas, masih katanya, sudah berjalan  dengan baik meskipun kurang lebih 45% masih ada di luar negeri mengikuti try out maupun training camp disana tapi sebagian sudah bergerak termasuk cabang olahraga dipertandingkan di Palembang ini sudah mulai memanfaatkan venue yang  ada untuk  pelatnas

“Perintah Pak Presiden, pasca Asian Games 2018, kita akan menyiapkan blue print  pemanfaatkan venue Asian Games yang sangat berstandar internasional ini dan kita akan melakukan pemusatan pelatnas cabang olahraga yang ada di Palembang ini,” tutupnya.

Tampak ikut melakukan peninjauan bersama Presiden, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Menhub Budi Karya Sumadi, Menaker Hanif Dhakiri, Wakil Ketua MPR  Muhaimin Iskandar, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana dan Ketua KONI Tono Suratman. (rep)

RelatedPost