PALEMBANG — Meningkatnya curah hujan beberapa minggu terakhir ini disertai cuaca ekstrim membuat pemerintah provinsi Sumatera Selatan bersiap siaga jika sewaktu-waktu terjadinya bencana alam. Apalagi kemarin sempat terjadi banjir di Kabupaten Muara Enim.
Oleh karena itu, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki menginstruksikan agar semua dinas dan pihak yang terlibat dengan penanganan bencana alam agar lebih memaksimalkan kinerjanya.

Ia mengatakan terkait dengan cuaca ekstrim seperti yang terjadi saat ini, pemerintah terus akan berkoordinasi dengan pihak dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Pihak Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Sosial Sumsel terkait upaya yang harus dilakukan.

Menurutnya, upaya penanggulangan jika terjadi bencana tentu harus dipersiapkan secara baik, seperti pemetaan klasifikasi daerah rawan banjir dan daerah yang rawan longsor akibat curah hujan tinggi sejak sebulan terakhir.

” Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel dan Dinas PU harus segera bertindak jika terjadi bencana alam,baik didaerah rawan longsor maupun banjir,” ujarnya.

Dijelaskan Ishak Mekki, hingga saat ini berdasarkan data yang ada, daerah rawan longsor yakni Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Kabupaten Lahat dan kabupaten OKU Selatan. Sedangkan daerah rawan banjir yakni Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin, Muara Enim, Ogan Ilir hingga Kota Palembang.

“Untuk Muara Enim Kita Sudah Minta agar segera ditanggulangi karena banyak rumah warga yang terendam dan tidak bisa beraktifitas akibat terendam banjir, begitu juga daerah rawan longsor” jelasnya.

Lebih lanjut wagub juga menyebutkan hingga hari ini jika melihat kondisi curah hujan masih cukup tinggi terutama di daerah hulu sungai musi, daerah yang masih menjadi perhatian khusus karena rawan banjir adalah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Musi Banyuasin dan Banyuasin. Selain itu daerah rawan longsor juga jadi perhatian.

“Beberapa daerah ini juga kita waspadai karena rawan banjir,” singkatnya. (juniara)

RelatedPost