Laskarwongkito.com – Hidup di perkampungan memang sebenarnya paling enak, apalagi antar tetangga jaraknya gakjauh-jauh amat. Duh, beruntung banget deh buat kamu yang pernah menghabiskan masa kecil di wilayah perkampungan.  Banyak sekali memori indah yang  sesekali berkelebat dalam pikiran, saat menghadapi sumpeknya kehidupan di kota besar.

Apalagi, pada umumnya kampung-kampung ini tidak terlalu jauh berbeda dengan kampung lainnya yang ada di Indonesia, hanya saja ada sedikit ciri khas yang muncul sehingga terlihat lain.

Nah, kamu tentu tidak akan menyangka, jika di balik luasnya wilayah Indonesia ternyata terdapat banyak kampung unik yang bakalan bikin kamu penasaran dan ingin datang ke sana. Kenapa coba? Yuk kita lihat..

1. Kampung Wadon

664xauto-unik-kampung-di-jawa-timur-ini-hanya-dihuni-wanita-160128l

(sumber foto: klimg.com)

Wilayah Ngawi memiliki sebuah kampung bernama Kampung Wadon. Sesuai dengan namanya, kampung ini benar-benar dihuni oleh para wanita saja. Hal ini disebabkan karena kepercayaan yang sudah turun-menurun di kampung ini, yaitu jika seorang laki-laki yang menikahi wanita dari Kampung Wadon harus segera pergi, karena jika tidak hidupnya akan mengalami sengsara. Namun, kampung ini terancam punah karena jumlah populasinya yang semakin sedikit dan juga beberapa wanita yang memilih untuk pindah.

2. Kampung Janda

kampung janda

(sumber foto: klimg.com)

Kampung Janda terletak di wilayah Purbalingga. Jika dilihat kampung ini tidak jauh berbeda dengan kampung lainnya, hanya saja para penduduk di sini rata-rata wanita dan berstatus seorang janda. Tidak semua janda sudah berumur tua, ada juga wanita muda namun sudah tidak bersuami. Banyaknya wanita janda di kampung ini dikarenakan suami mereka yang meninggal akibat kecelakaan saat bekerja.

3. Kampung No Smoking

Kampung No Smoking

(sumber foto: line-scdn.net)

Melihat dari namanya, Kampung No Smoking yang terletak di Sulawesi Selatan, memiliki aturan di mana seluruh warganya tidak boleh merokok. Bahkan orang yang datang dan berkunjung dari luar pun, juga tidak boleh untuk merokok. Dahulu aturan ini hanyalah sebuah larangan yang tidak tertulis, namun kini peraturan tersebut sudah dibuat secara resmi.

4. Kampung Teletubbies

Rumah-Teletubbies-Jogja-3

(sumber foto: telusurindonesia.com)

Kampung Teletubbies berlokasi di Dusun Ngelepen, Yogyakarta. Kampung di sini memiliki bentuk rumah yang mirip dengan rumah Teletubbies, yaitu berbentuk dome. Bentuk yang unik ini dibuat bukan tanpa alasan, pasca gempa besar yang melanda Yogyakarta tahun 2006, arsitektur bangunan ini dibuat untuk tahan terhadap gempa dan juga api.

5. Kampung Warna-warni

kampung-warna-warni

(sumber foto: bakpiamutiarajogja.com)

Kota Malang memiliki sebuah kampung unik yaitu Kampung Warna-Warni. Dahulu rumah-rumah di sini merupakan pemukiman yang kumuh, namun saat ini Kampung Warna-Warni berubah menjadi salah satu objek lokasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. (red/dil)

Artikel Terkait