PALEMBANG — Center for International Forestry Research (CIFOR) dan Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) menggelar pelatihan bagi Jurnalis yang dari berbagai media di Sumsel mengenai lingkungan hidup dan kehutanan.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi Jurnalis agar bisa bertemu dengan para peneliti, berbagi hasil riset kehutanan terbaru serta menjadi wadah bagi jurnalis untuk belajar, berdiskusi
interaktif dengan para peneliti termasuk untuk mengeksplorasi serta memahami berbagai isu yang mempengaruhi hutan dan mata pencaharian masyarakat yang tinggal di dalam dan di sekitar hutan.

Dalam kegiatan ini, Jurnalis juga diajak kunjungan langsung ke lapangan di Desa Talang Nangka, OKI dan Padang Sugihan Sebokor serta lokasi riset Litbang KLHK Palembang untuk melihat dari dekat bagaimana masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi masalah kehutanan.

Scientist CIFOR Herry Purnomo, menjelaskan CIFOR merupakan organisasi antar pemerintah tingkat nasional yang berkonsentrasi dalam menjaga lingkungan dan alam.

“CIFOR merupakan satu-satunya lembaga di dunia yang memiliki kantor pusat di Indonesia, terhitung ada 25 kewarganegaraan yang kerja di CIFOR. Kita harapkan dengan adanya pelatihan ini Jurnalis dapat memanfaatkan hasil pelatihan dan fieldtrip ini menjadi bahan tulisan untuk di publikasikan,” harapnya. (juniara)

Artikel Terkait