PALEMBANG — Penyalahgunaan Narkoba saat ini telah menyerang berbagai kalangan, terutama kalangan remaja. Oleh karena itu, butuh pencegahan sedini mungkin dan mulai dari lingkungan paling dekat. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi bahaya narkoba di lingkungan Sekolah seperti yang dilakukan oleh SMA Negeri Sumsel.
Dengan menggandeng Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas) Polresta Palembang, SMA Negeri Sumsel menggelar sosialisasi terhadap bahaya narkoba sekaligus memberikan pembinaan terhadap siswa-siswinya juga pemberian secara simbolis pin kepada siswa sebagai duta narkoba.
Kepala sekolah SMA Negeri Sumsel, Nanang Adi Prayitno sangat mengapresiasi pembinaan yang dilakukan oleh pihak polresta Palembang di kalangan pelajar.
” Kita mengundang dari Polresta Palembang untuk membina langsung kepada siswa mengenai bahaya narkoba, dan juga pemberian pin kepada dua siswa yang menjadi duta narkoba,” katanya pada awak media di ruangan kerjanya, Senin (24/10).
Diakui Nanang, pihaknya memanh telah menjalin kerjasama dengan kepolisian untuk mengurai bahaya narkoba terhadap pelajar, selain itu juga selalu menjaga komitmen terhadap prinsip sekolah yang ramah dan aman dari bahaya narkoba.
 Menurut Nanang, tujuan dari pembinaan tersebut agar bisa memberikan motivasi kepada siswa khususnya SMA Negeri Sumsel agar jangan pernah sekalipun mendekati dan menyentuh narkoba.
Ditambahkan Nanang, untuk memerangi narkoba, langkah yang diambil SMA Negeri Sumsel tidak hanya melakukan sosialisasi tetapi juga penandatanganan kontrak sebelum siswa-siswi bersekolah di SMA Negeri Sumsel.
“Sebelum masuk, antara pihak sekolah dan orang tua murid telah membuat kontrak siswa untuk tidak merokok, tidak akan mengakses pornografi apalagi menggunakan narkoba. Jika melanggar, sanksinya murid harus keluar dari sekolah ini. Kita juga melibatkan orang tua untuk ikut membantu mengontrol anaknya,” jelasnya.
Nanang juga berharap kedepannya, agar SMA Negeri Sumsel bisa berkomitmen penuh dan menjadi contoh bagi anak lain agar bisa memegang teguh say no to drug dan ikut memerangi narkoba. (juniara)

RelatedPost