Laskarwongkito.com — WhatsApp tahu penggunanya sering ‘salah kamar’ ketika mengirim pesan. Untuk meminimalisir kesalahan tersebut, perusahaan mengeluarkan fitur ‘Delete for Everyone’ pada Oktober lalu, yang bisa dipakai pengguna menghapus pesan dalam batas waktu 7 menit setelah terkirim.

Namun apakah pesan itu benar-benar terhapus dan hilang begitu saja? Sebuah temuan baru dari blog Android Jefe menyebutkan pesan yang sudah dihapus itu ternyata masih tersimpan di dalam smartphone dan bisa diakses dengan mudah.

(sumber foto: tnwcdn.com)

Blog yang membahas segala teknologi Android asal Spanyol itu berkata pengguna WhatsApp masih bisa membaca pesan yang dihapus lawan bicara melalui Notification Log yang terekam di dalam ponsel.

Catatan notifikasi ini bisa diakses dengan cara tekan lama layar Home, kemudian tap Widget, Activities, Settings, dan pilih Notification Log. Metode ini bisa dilakukan untuk ponsel Android yang sudah dalam versi 6 Marshmallow atau 7 Nougat.

Selain dari catatan notifikasi, masih ada cara lain yang lebih mudah yakni melalui aplikasi pihak ketiga Notification History yang bisa ditemukan di toko aplikasi Google Play Store.

Melalui metode alternatif yang disebut Android Jefe dengan aplikasi ‘Notifications History’. Setelah melakukan beberapa pengaturan awal dan serangkaian uji coba, pesan WhatsApp yang telah terhapus seketika bisa dibaca lagi.

Sayangnya, kedua metode diatas disebut Android Jefe memiliki keterbatasan, seperti misalnya hanya 100 karakter pertama dari pesan WhatsApp yang terhapus yang bisa dibaca. Pengguna juga hanya bisa membaca pesan berbasis teks, sementara pesan media macam suara, video, hingga gambar tidak dapat dipulihkan.

Adanya celah untuk membaca kembali pesan WhatsApp yang sudah dihapus ini menunjukkan kita tetap harus berhati-hati dalam mengirim pesan WhatsApp. (net)

Artikel Terkait