Stadion Tenis Bukit Asam di kawasan olahraga Jakabaring, Palembang  dinilai cukup memadai sebagai arena laga pesta olahraga negara di benua Asia. Hal itu diungkapkan oleh technical delegate, Shunmugam Uthrapathy ketika meninjau Test Event Tennis Road to Asian Games 2018, Rabu (8/11).
Pria asal Singapura itu menyatakan bahwa dimensi lapangan, jarak antara pagar dan baseline sudah sesuai dengan ketentuan Federasi Tenis Internasional (ITF).
“Perlu ada pembatas antara lapangan satu dengan yang lainnya, bisa berupa jaring agar bola tidak menerobos ke lapangan sebelahnya hingga mengganggu jalannya pertandingan saat Asian Games,” ujarnya.
Hanya saja, Uthrapathy menegaskan bahwa stadion tenis yang telah digunakan untuk beberapa event internasional seperti SEA Games, Islamic Games dan Piala Davis ini masih harus melengkapi beberapa fasilitas penunjang.
          
“Ruang ganti serta toilet pemain harus dibenahi. Butuh ruang lebih luas karena lebih banyak petenis yang bertanding pada ajang Asian Games dibandingkan event sebelumnya,” lanjutnya.
          
Kompleks lapangan tenis Bukit Asam Jakabaring ini telah memiliki delapan lapangan dan sedang membangun delapan lapangan tambahan sehingga secara keseluruhan bakal tersedia 16 lapangan tenis.
          
“Jumlah lapangan sudah cukup, kami memerlukan 10 hingga 12 lapangan untuk pertandingan dan empat hingga enam lapangan untuk latihan,” tegasnya.
          
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Basyaruddin Ahmad menyatakan kesiapan Sumatera Selatan untuk merampungkan pembenahan lapangan sesuai dengan jadwal.
          
“Delapan lapangan baru akan siap sebelum akhir tahun, deadlinenya 20 Desember 2017. Pemasangan lampu memang baru dilakukan tahun depan,” tuturnya.
          
Sementara itu Competition Manager Tennis Asian Games, Susan Soebakti berharap dapat menggunakan kembali Stadion Tenis Bukit Asam Jakabaring ini sebagai uji coba lanjutan menjelang perhelatan olahraga antar bangsa di Asia itu.
          
“Awal Februari 2018, Indonesia akan menjamu Filipina dalam laga babak pertama Piala Davis Grup II zona Asia Oseania. Alangkah baiknya bila kami bisa menggelar partai itu di Palembang,” ucap wanita yang menjabat sebagai Ketua Bidang Pertandingan Pengurus Pusat Pelti ini.
Kejurnas
Test Event Tennis Road to Asian Games 2018 berupa Kejuaraan Nasional 2017 ini telah memasuki babak utama. Dua unggulan tunggal putra telah tersingkir dari persaingan merebut gelar juara. Petenis kualifikasi, Achad Imam Maruf sukses menjungkalkan unggulan ketujuh asal DKI Jakarta, Jeremy Nahor. Wakil Jawa Barat itu menang straight set, 6-4 6-4.
         
Kejutan lainnya ditorehkan oleh wakil Bangka Belitung, M. Rezky Nugraha yang menyingkirkan unggulan keenam asal DKI, Indra Adiguna. Rezky unggul 7-6(3) 6-3 dan akan menghadapi Dimas Kolopita (Banten) pada babak kedua, Kamis (9/11).
          
Kendati berhasil melaju ke babak kedua, Arief Rahman yang menempati unggulan teratas harus bekerja keras untuk menghentikan perlawanan lucky loser Giovani Mahendra (Jambi). Petenis asal Kalimantan Timur itu menang 6-4 7-5. (dedi)
          
Hasil Rabu (8/11)
Babak Pertama
Tunggal Putra
1-Arief Rahman (Kaltim) v Giovani Mahendra (Jambi) 6-4 7-5
M. Gunawan (Jatim) v Dwi Asmara (Sumsel) 7-5 ret
Ari Fahresi (jatim) v Iwan Tarmuji (Sumsel) 6-1 6-0
Achad Imam Maruf (Jabar) v 7- Jeremy Nahor (DKI) 6-4 6-4
3-Iqbal Bilal Saputra (Kaltim) v Suharyadi (DKI) 5-0 ret
Odeda M Arazza (DKI) v Marhendra Suardy (Sumsel) 6-1 6-2
Yoga Argisyahputra (DKI) v Afrizal Ivanisevic (Sumsel) 7-6(2) 4-6 6-2
Iswandaru Kusumo (Jateng) v Nur Abdi (Babel) 6-0 6-3
8-Hendrawan Susanto (DKI) v M. Surya Krisna (Jabar) 6-0 6-1
M. Rahardian Hidayat (Babel) v Andre Rizaldi (Sumsel) 6-0 6-2
4-Rafidhiya Muhammad (Sumsel) v Dafa Ditio (Sumsel) 6-0 6-1
M. Rifqi Fitriadi (Jatim) v David Tarmuji (Sumsel) 6-0 6-0 
M. Rezky Nugraha (Babel) v 6-Indra Adiguna (DKI) 7-6(3) 6-2
Dimas Kolopita (Banten) v Anan Sisar Sitanggang (Sumsel) 6-3 6-2
Muhammad Aditya (Jabar) v Giovani Rizaldi Oemar (DIY) 7-6(0) 6-0
2-Panji Untung Setiawan (NTB) v Fajar Isvan (Aceh) 6-2 6-2
 
Tunggal Putri
Safira Nadila (Kaltim) v Kanaya (Sumsel 6-0 6-0
Niken Mega Tanti (Sumsel) v Jessica Christa (Jateng) walk over
Nur Rosida Mega Hadiati (Jateng) v Kinanti (Sumsel) 6-0 6-1
Felicia Halim (DKI) v Ima Nindi Permatasari (Kaltim) walk over
Putri Sanjungan Insani (DKI) v Farah Fitria (Sumsel) 6-0 6-1
Silvia Audy (DKI) v Jasmin Kaila (Sumsel) 6-0 6-1
Happiness Beauty Heart (DKI) v Agusti Miranda (Jambi) 6-0 6-1
Fadona Titalyana (Kalsel) v Cartika Wisesha (Jatim) 6-1 6-2

Artikel Terkait