PALI — Setelah terbentuknya Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama kabupaten PALI beberapa waktu yang lalu, secara otomatis seluruh pengelolaan haji mulai dari manasik hingga keberangkatan jemaah haji ke tanah suci Mekkah langsung dikelola oleh kanwil kemenag Kabupaten PALI.

“Iya benar, jadi untuk tahun ini proses ibadah haji yang sebelumnya para calon jemaah sudah mendaftarkan ke Kanwil Kemenag Kabupaten Muara Enim, saat ini langsung dihandle oleh kanwil Kemenag PALI. Sehingga ini lebih memudahkan para calon jemaah ketika hendak mengikuti rangkaian ibadah haji, seperti manasik dan lain-lain,” jelas H. Deni Priansyah, SAg. MPdI saat ditemui awak media di kantornya di Jalan Merdeka kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, Rabu (27/7/2016).

Untuk keberangkatannya para jemaah, Deni memperkirakan akan terjadi di dua minggu ke depan.

“Kalau tidak ada perubahan, sebanyak 41 calon jemaah haji asal Kabupaten PALI diperkirakan akan berangkat dua minggu lagi dengan masuk pada kloter kedua jemaah haji,” tambah Deni.

Deni juga menambahkan untuk pendaftaran ibadah haji sendiri sudah bisa dilakukan di Kanwil Kemenag PALI mulai bulan Agustus mendatang.

“Pendaftaran haji belum bisa dilakukan saat ini, karena terkendala fasilitas. Kendati demikian, kami sudah mendapat izin dari kementerian Agama RI untuk bisa melakukan pendaftaran haji dengan menggunakan fasilitas yang ada terlebih dahulu dengan syarat jaringan harus kuat. Atas dasar itulah, InsyaAllah bulan Agustus nanti disini (kanwil kemenag PALI, red) sudah bisa menerima pendaftaran haji dari warga Bumi Serepat Serasan,” sambung alumnus UIN Raden Fatah Palembang itu.

Untuk masalah fasilitas, pihaknya mengaku telah mengajukan usulan ke Pemerintah Kabupaten PALI untuk peminjaman fasilitas yang dibutuhkan.

“Kami sudah mengirim surat ke Pemkab PALI untuk meminjam fasilitas seperti komputer dan wireless dan lainnya. Dan itu Alhamdulillah mendapat respon yang positif dari Pak Bupati. Kita berdoa bersama agar secepatnya bisa terealisasi sehingga masyarakat PALI tidak susah lagi kalau untuk mendaftar ibadah haji,” tutupnya. (yudhi)

RelatedPost