Jakarta: Menpora Imam Nahrawi dan Menkominfo Rudiantara, membuka Festival Fotografi Kompas (FFK) Tahun 2018, di Bentara Budaya, Kompas Gramedia, Jl Palmerah Selatan No 17, Jakarta Pusat, Selasa (31/7) malam. Dalam FFK kali ini mengangkat tema Sportscapes seiring dengan tahun olahraga, yaitu merayakan dunia olahraga Indonesia lewat fotografi, membangun semangat mendukung Asian Games 2018.
Ini kali kedua Kompas menggelar FFK. Jika tahun 2017 mengangkat tema unpublish yaitu foto-foto penuh makna yang berserak tidak terpublisasikan, untuk tahun ini spesial dengan caranya memberikan dukungan kepada pemerintah dan bangsa akan pesta olahraga se-Asia yang untuk kedua kalinya juga digelar di Indonesia, setelah sebelumnya Indonesia sukses selaku tuan rumah Asian Games pada 1962.
“Selamat atas acara yang amat spektakuker ini. Kalau tahun kemarin saya hadir untuk menyaksikan fotografi yang sangat luar biasa yang tidak ditampilkan (unpublish), sekarang akan melihat banyak hal yang akan menggerakkan emosi dan hati seluruh rakyat Indonesia, dimana Asian Games menjadi titik temu kebersamaan kita semua,” kata Menpora.
Disela pembukaan FFK ini, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo dan Ketua Panitia Heru Sri Kumoro, menyampaikan bahwa jurnalisme tidak sekadar menampilkan akan tetapi menggerakkan semua orang untuk berempati dan berbuat sosial. Demi membantu salah satu legenda atlet angkat besi Winarni yang kini membutuhkan biaya berobat anak yang mengalami kelainan usus dilelang foto hasil jepretan fotografer kompas.
Atas inisiatif yang penuh kepedulian terhadap mantan atlet nasional ini, Menpora bangga dan menyampaikan terima kasih.”Terus terang kami berterima kasih sekali lagi kepada Kompas, Winarni salah satu figur yang mengharumkan nama bangsa yang sekarang menggerakkan hati kita semua. Kami sudah berusaha membantu bersama BPJS tetapi masih kurang. Di forum terhormat ini, mari kedepan kita dorong lahirnya UU Atlet yang memungkinkan kepada keuangan negara untuk memberikan kafer kesejahteraan dan masa depan atlet,” ucap Menpora.
Terakhir tidak lupa mohon doa, agar sukses prestasi dimana atlet yang berjuang menjadi titik tumpunya terus pada performa terbaiknya. “Yang kami khawatirkan ada dua, masalah cedera dan non teknis. Kami terus berusaha menemani mereka, mengawal mereka, dan mereka sekaligus pada saatnya akan kami berikan karpet merah tertebal bagi para pejuang-pejuang tanah air melalui bonus yang kita berikan,” tutupnya.
Pembukaan FFK ditandai dengan service cock bulutangkis oleh Menpora Imam Nahrawi, Menkominfo Rudi Antara,  dan Pemred Harian Kompas Budiman Tanuredjo, dilanjutkan penandatanganan foto terbaru SU-GBK pasca renovasi. Hadir, Stafsus Menpora Bidang Komunikasi dan Kemitraan Zainul Munasichin, Wapemred Harian Kompas Ninuk M Pambudi, dan perwakilan berbagai sponsor. (cah)

Artikel Terkait