PALEMBANG — Upaya pemerintah untuk memeratakan kesejahteraan bagi masyarakat miskim juga didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan  melaunching Bantuan Pengembangan Sarana Usaha (BPSU) yang diselenggarakan di Kelurahan Lima Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1, Palembang, Sumatera Selatan (21/08).

Dalam kegiatan turut hadir Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawangsa, Pemimpin Wilayah BRI Palembang, Edy Priyono, Walikota Palembang, Harnojoyo, dan para pejabat Kementerian Sosial RI.

Pemberian bantuan ini sebagai bentuk dukungan nyata Bank BRI untuk terlibat secara langsung dalam proses pengentasan kemiskinan di Indonesia. Diharapkan melalui kegiatan ini pula, masyarakat dapat meningkatkan penggunaan elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) yang telah diluncurkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu sebagai sarana penyaluran bantuan pemerintah.

Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga mengungkapkan, bahwa melalui launching Bantuan Sarana Penembangan Usaha ini, akan ikut mendorong laju roda perekonomian mikro serta dapat mempercepat daya serap penyaluran bantuan dan subsidi dari pemerintah kepada masyarakat yang tidak mampu.

Bantuan Pengembangan Sarana Usaha (BPSU) ini nantinya akan mendorong masyarakat untuk lebih aktif lagi dalam menggerakkan ekonomi mikro khusunya dalam proses transaksi jual beli. Bank BRI sebagai Bank Presepsi telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai penyalur bantuan menerbitkan kartu Himbara-BRI KKS (Kartu Keluarga Sejahtera). Nantinya, KKS akan berfungsi sebagai sarana penampung bantuan dan subsidi pemerintah kepada para penerima bantuan.

Pemegang KKS ini selanjutnya akan dapat digunakan untuk mengambil bantuan dari pemerintah yang berupa tunai maupun bahan kebutuhan pokok atau Beras Sejahtera (Rastra).  Penarikan Tunai dapat dilakukan di Agen e-Warong, Agen-agen BRIlink, ATM, dan seluruh Unit kerja Bank BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara untuk penukaran menjadi bahan kebutuhan pokok, dapat langsung dilakukan oleh keluarga atau warga yang menerima bantuan di e-Warong yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini selain bisa digunakan utk penyaluran bantuan sosial secara non tunai seperti Program Beras Sejahtera juga bisa digunakan dan disinergikan untuk digunakan dalam penyaluran PKH dan beasiswa untuk siswa yg tidak mampu melalui Kartu Indonesia Pintar.

Saat ini, Bank BRI telah memiliki lebih dari 80.000 agen BRI link yang tersebar di seluruh wilayah nusantara dan dapat melayani masyarakat miskin dalam mencairakn bantuan dan subsidi yang disalurkan oleh pemerintah melalui Bank BRI. Selain itu, bank BRI saat ini memiliki telah memiliki 10,628 kantor, 23,126 ATM, dan 210,688 EDC yang tersebar di seluruh Indonesia.  (juniara)

Artikel Terkait