Rusia-Brazil melaju ke babak 8 besar setelah berhasil mengalahkan Meksiko dengan skor 2-0 pada babak 16 besar . Gol bagi Brazil masing-masing dicetak oleh Neymar pada menit ’51 dan Roberto Firmino pada menit akhir babak kedua.

Saat pertandingan baru berjalan dua menit, Meksiko mendapat peluang  melalui umpan silang yang dilancarkan Andres Guardado ke wilayah penalti lawan. Sayangnya, umpan tersebut berhasil dibendung kiper Alisson Becker dengan tinjunya.

Giliran Brazil yang lakukan serangan balik dan mengancam wilayah pertahanan Meksiko.  Brazil berhasil mengancam gawang Meksiko lewat Neymar yang melepaskan tendangan kerasnya, beruntung tembakan itu berhasil digagalkan.

Secara mengejutkan, Timnas Meksiko berhasil beberapa kali lancarkan serangan, bahkan  sejak menit-menit awal. Termasuk ketika Javier Hernandez hampir berhasil mencuri bola dari Alisson, namun wasit lebih dulu menyatakan dirinya berada pada posisi offside.

Di menit 14, Meksiko kembali punya peluang bagus lewat aksi Lozano yang berusaha sodorkan umpan silangnya pada Javier Hernandez yang berada di depan gawang Brasil. Sayangya, Hernandez gagal menyambut umpan tersebut, hingga bola Lozano hanya meluncur jauhi gawang Alisson.

Berikutnya, 20 menit awal babak pertama, Meksiko kembali lancarkan serangannya. Lewat umpan tarik Carlos Vela di sisi kanan, Hector Herrera yang berada di luar kotak penalti mencoba mengecoh pemain Brasil dan lepaskan tembakan kaki kirinya. Namun, tembakan itu gagal membuahkan gol karena membentur Joao Miranda.

Lima menit kemudian, giliran Neymar yang lancarkan ancamannya ke wilayah penalti Meksiko. Namun, tembakannya masih bisa ditangkal Ochoa. Brasil pun mulai tunjukkan dominasinya.

Lewat aksi pemain muda mereka, Gabriel Jesus, Brasil kembali mengancam wilayah El Tri. Beruntung bagi Meksiko, tendangan kerasnya dari sisi kanan gawang masih bisa diamankan Ochoa.

Aksi yang dilakukan ke dua tim di babak pertama tak membuahkan hasil hingga pluit panjang. Kedudukan pun tetap imbang, 0-0.

Awal babak ke dua, dibuka dengan tekanan yang langsung dilancarkan anak asuh Tite. Ancaman mematikan terjadi tiga menit usai jeda, yang berawal dari aksi Philippe Coutinho yang berhasil mencuri dan coba sarangkan bole lewat tendangan kerasnya. Tapi, lagi-lagi, kiper gaek Meksiko tunjukkan kemampuannya dengan memblokir peluang Coutinho.

Brasil akhirnya berhasil memecah kebuntuan di laga ini pada menit 51, sesaat setelah Neymar berhasil memanfaatkan umpan Willian. Kali ini, upaya Ochoa dan barisan lini belakang Meksiko tak mampu mencegah masuknya si kulit bundar ke gawang mereka, dan membawa Brasil unggul 1-0.

Delapan menit setelah unggul 1-0, Brasil nyaris gandakan kemenangan mereka, kali ini lewat aksi Paulinho. Pemain Barcelona itu berusaha sarangkan umpan Fagner Lemos, namun upaya itu masih bisa digagalkan Ochoa.

Namun, memasuki menit ke-60, Meksiko nyaris samakan kedudukan lewat tembakan Carlos Vela. Tapi Meksiko gagal samakan kedudukan, setelah tendagannya berhasil digagalkan Alisson.

Setelah itu, lagi-lagi Brasil berikan ancamannya ke gawang Meksiko. Namun, lagi-lagi kiper Ochoa berhasil gagalkan ancaman Brasil yang dilancarkan Willian.

Meksiko malah kebobolan lagi dua menit sebelum laga usai. Kali ini, giliran Roberto Firmino yang baru dua menit masuk ke lapangan menggantikan Coutinho, yang menjebol gawang Ochoa. Skor 2-0 untuk Brazil dan bertahan akhir permainan. (win)

RelatedPost