PALEMBANG — Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, wilayah kerja provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar sosialisasi Saka Widya Budaya Bhakti Pramuka dengan mengusung tema ‘Kebijakan Pemerintah Daerah Sumsel dalam Pembinaan Saka Widya Budaya Bhakti Pramuka’ di hotel Garuda Mas, Kamis (28/7).

Ketua majelis pembimbing daerah gerakan pramuka Sumsel, H. Alex Noerdin, melalui wakil Kwarda Sumsel Budiarto menyampaikan, Gerakan pramuka bertujuan untuk mendidik dan membina kaum muda agar berkepribadian baik, berbudi luhur, siap dan kuat mental.

“Gerakan ini berupaya memberikan pengetahuan dengan mengutamakan pendidikan rohaniah ini sangat berguna bagi pemuda sekarang untuk membentuk karakter yang tangguh,” katanya.

Ditambahkannya, Dalam kegiatan kali ini juga diadakan sosialisasi yang dilengkapi dengan bela kenegaraan. Untuk itu gerakan pramuka harus peka terhadap permasalahan sosial. “Setiap pramuka harus dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa narkoba adalah bentuk baru pelemahan masyarakat,” ungkapnya.

Apalagi, sambung Budiarto, Indonesia termasuk empat negara dengan penduduk terbanyak di dunia, ditambah banyaknya sumber daya alam (SDA) yang dimiliki, mulai dari sektor pertambangan, perikanan, perkebunan yang luas dan hutan yang cukup baik. “Kita menjadi surga alam di dunia ini, maka dari itu ada bangsa-bangsa lain yang berkeinginan menjajah kita kembali dengan kemajuan teknologi, pedregadasian moral dan budaya. Jadi dituntut untuk menjaga hal ini jangan terjadi lagi,” pungkasnya. (juniara)

RelatedPost