PALEMBANG — Wakil Gubernur provinsi Sumatera Selatan, H. Ishak Mekki mengatakan dari 17 kabupaten/kota yang ada di provinsi Sumsel, 13 diantaranya mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan.

Menurut Ishak, hal ini menunjukan bahwa Sumsel sudah melakukan pelaporan sesuai kriteria yang ada. Adapun empat kriterianya, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Berarti Sumsel sudah memperhatikan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan,” kata Ishak.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, Harry Azhar Azis menyampaikan apresiasinya atas pencapaian predikat provinsi Sumsel. Dijelaskan Harry bahwa fungsi BPK menyampaikan laporan setiap tahun.

“Jadi laporan itu kita serahkan ke DPR dan DPRD secara terbuka untuk publik dengan segala yang diperoleh sama BPK, kita berikan ruang seluas-luasnya kepada publik untuk akses laporan keuangan semua pemerintahan daerah,” singkatnya. (juniara)

RelatedPost