PALEMBANG — Meski sudah bergabung bersama tim Sriwijaya FC di Denpasar Bali, namun Widodo C Putro menyebut pihaknya tidak akan memaksakan memainkan rekrutan terakhirnya Bio Paulin di laga perdana grup 4 turnamen Piala Presiden 2017 saat bertemu tuan rumah Bali United, Selasa (7/2) malam di stadion I Wayan Dipta Gianyar. Menurutnya, kondisi fisik pemain naturaliasi asal Kamerun tersebut belum berada dalam kondisi terbaiknya dan cukup riskan jika diturunkan sejak menit awal.
“Hal ini wajar karena dia baru tiba di Indonesia, Kamis lalu dan melakukan perjalanan yang cukup melelahkan Jakarta – Jayapura – Palembang – Denpasar. Dan berdasar pengakuannya juga sudah cukup lama absen berlatih, jadi mungkin belum akan kita turunkan saat melawan Bali United nanti,” ungkap eks asisten pelatih timnas ini saat dihubungi Senin (6/2) sore.
Sebagai pengganti Bio, WCP kemungkinan akan kembali memainkan Firdaus Ramadhan untuk mendampingi Yanto Basna di jantung pertahanan SFC nantinya. Kedua pemain ini sendiri sebelumnya sudah beberapa kali dicoba saat melakukan uji coba di Palembang. “Masih ada Maulana atau Marco juga yang bisa dimainkan sebagai stopper, namun bisa saja Bio tetap kita masukkan nanti walau mungkin dari bangku cadangan,” jelasnya.
Terkait kewajiban memainkan 3 pemain U22 di pertandingan ini, WCP menyebut nama Yanto Basna dan Zalnando tetap akan menjadi pilihan awal. “Sebenarnya jika regulasinya tetap U23, maka kita sudah aman karena ada Teja Paku Alam dan Marco, namun karena ada perubahan maka kita akan memilih antara Reza Erlangga atau Slamet Budiono. Kita akan lihat siapa yang lebih siap nantinya,” tambahnya.
Di lini depan, WCP juga menyatakan masih terus menunggu perkembangan Alberto Goncalves yang baru pekan lalu bergabung bersama tim di Palembang. “Namun tidak masalah, jika belum siap ada Airlangga Sucipto yang bisa kita mainkan terlebih dulu. Yang jelas tujuan keikutsertaan SFC di turnamen ini adalah untuk melihat seluruh pemain yang ada sebelum nanti turun di kompetisi resmi Liga 1 nanti,” pungkasnya.
Sementara itu, saat dikonfirmasi Bio Paulin membenarkan bahwa kondisinya belum siap 100 persen dan terus berlatih keras saat ini. “Saya tidak akan memaksakan diri, karena bagaimanapun ini hanya turnamen dan tujuan sebenarnya ada di kompetisi nanti. Jika saya memaksa maka yang rugi adalah tim SFC sendiri, tapi jika diminta maka saya akan laksanakan. Kondisi saya belum siap karena baru sekali berlatih bersama tim,” jelasnya singkat.
Di kubu tuan rumah, Indra Sjafri sendiri menyatakan siap menurunkan Ngurah Nanak, eks pemain SFC di laga ini. “Urusan Nanak sudah beres, kemarin saya sudah telepon pengurus SFC untuk meminta maaf karena saya lancang. Saya tidak tahu kalau masih ada kontrak karena dia bilang tidak ada kontrak. Selaku manusia saya gentlement minta maaf, sekarang semua sudah selesai. Surat keluarnya juga sudah diberi di Yogya saat pembukaan dan Nanak fokus konsentrasi untuk pertandingan,” tegasnya. (dedi)

Artikel Terkait