Laskarwongkito.com – Memiliki cita rasa yang luar biasa, membuat makanan khas Indonesia banyak diminati oleh lidah masyarakat luar negeri. Ada beberapa makanan khas Indonesia yang bersaing dengan makanan di berbagai negara lainnya.

Tau gak masakan apa saja itu?

1. Sate

Sate-Kambing-Yang-Lezat

(sumber foto: 1001resepmasakan.com)

Makanan asli dari India ini terbuat dari daging. Daging yang digunakan bermacam-macam, mulai dari ayam, kambing, kelinci, hingga sapi. Cara membuatnya sate cukup mudah, potong daging menjadi dadu, lalu tusukkan 4 daging yang telah dipotong dadu, lalu bakar hingga matang.

Untuk penganan pendampingnya, biasanya ditambahkan lontong atau ketupat sayur. Pada awalnya, sate merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu, saat para pedagang dari India memperkenalkan sate ini. Makanan satu ini bisa dijumpai di pinggir jalan, bahkan hingga di mall pun ada.

 2. Rendang

Cara-Membuat-Rendang-Padang-Asli-Basah

(sumber foto: resepdanmasakan.com)

Makanan ini berasal dari Sumatera Barat, lebih tepatnya Padang. Membuat rendang sendiri tidak mudah seperti yang kita bayangkan. Butuh waktu dan latihan untuk mendapatkan rasa rendang yang khas. Karena Padang dikenal dengan pedasnya, maka rendang yang dijual memiliki kepedasan yang bisa membangkitkan gairah.

Bahan yang wajib disediakan ketika ingin membuat rendang adalah daging sapi. Yang terpenting, rendang yang enak adalah dagingnya empuk dan mudah dikunyah. Rendang biasanya dimasak apabila ada acara atau perayaan yang penting.

 3. Nasi Goreng

Resep-Dan-Cara-Membuat-Nasi-Goreng-Rumahan-Spesial-Enak-Gurih-Simpel-Dan-Praktis

(sumber foto: selerasa.com)

Tidak hanya disukai oleh rakyat Indonesia, nasi goreng ternyata membuat Presiden Barrack Obama sangat menyukainya. Asal-usul nasi goreng masih belum jelas, yang terpenting di setiap negara memiliki rasa yang unik. Cara pembuatannya juga mudah, dengan menggoreng nasi putih yang telah diberi bumbu, aduk hingga warna nasi berubah.

 4. Gado-Gado

1366624520

(sumber foto: bango.co.id)

Gado-gado merupakan makanan sehat dan paling banyak diminati oleh masyarakat. Gado-gado sendiri terdiri dari sayur-sayuran. Sayur-sayuran itu kemudian diletakan di piring, kemudian dituang bumbu kacang yang sudah dibuat sebelumnya. Sebagai pelengkapnya, biasanya ditambahkan krupuk.

Nama gado-gado sendiri dihubung-hubungkan dengan kota Jakarta. Arti gado-gado sendiri campur-campur. Siapa sihyang tidak mengenal makanan satu ini? Dan siapa yang bilang gado-gado itu tidak enak?

 5. Soto

resep-soto-ayam

(sumber foto: blogspot.com)

Soto dikenal dengan rasa yang manis dan kental. Terdapat banyak variasi soto yang ada di bumi nusantara ini, Mulai dari soto betawi, soto babat, coto makasar dan masih banyak lainnya. Bila kalian keluar dari Jakarta, mungkin kalian dapat menemukan makanan ini dengan rasa yang berbeda dengan soto yang satu dengan yang lainnya.

Soto sendiri bisa kita kembangkan sendiri. Mulai dari bahan, hingga pelengkapnya. Yang biasanya dari daging ayam, bisa diganti daging sapi atau kambing. Untuk pelengkapnya biasanya ditambahkan jeruk nipis, sambal, bihun, atau kecap. (red/dil)

Artikel Terkait