PALEMBANG — Kepala perwakilan bank Indonesia (BI) provinsi Sumatera Selatan menyerahkan beasiswa kepada 80 mahasiswa universitas sriwijaya (Unsri) dan universitas islam negeri Raden Fatah (UIN RF) di Aula Bank Indonesia, Senin (15/08).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, BI adalah organ negara tidak sama dengan bank umum, selain diberikan tugas Sistem pembayaran untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang di Indonesia.m, BI juga memiliki kepedulian kepada masyarakat. “Oleh karena itu kami memberikan beasiswa dengan kualifikasi yang kami inginkan. Yakni, mahasiswa yang berprestasi tetapi kurang mampu dan kami tidak menginginkan mereka berhenti dengan cara memberikan beasiswa ini diseluruh Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, program tersebut bertujuan untuk membentuk mahasiswa tidak hanya pintar akademis tetapi juga secara kreatifitas yang nantinya akan diikutkan dalam pelatihan leadership dan kewirausahaan. “Tujuannya adalah menjadikan mahasiswa cerdas, kreatif dan mempunyain keperdulian sosial,” katanya.

Sementara itu perwakilan Rektor UIN RF yakni Dekan Fakultas ekonomi dan bisnis Islam (Febi) UIN Raden Fatah, Qodariyah Barkah mengungkapkan, penerima beasiswa adalah mahasiswa pilihan dari Fakultas Syariah Ilmu Hukum dan Febi. “Beasiswa dari BI sudah diterima UIN Raden Fatah sudah tiga tahun terakhir mulai 2013 sampai saat ini. Mahasiswa yang mendapat beasiswa adalah mereka yang mempunyai prestasi yang baik dan dari keluarga tidak mampu,” ungkapnya.

Diakuinya, Rektor UIN RF mengapresiasi beasiswa yang diberikan oleh BI dan sangat membantu mahasiswa, selain itu juga menyampaikan ucapan terima kasih Rektor kepada BI atas program beasiswa.

Wakil Rektor III Unsri, DR.Dr Zulkarnain M.Sc dalam sambutan mengatakan, BI sudah membantu mahasiswa Sumsel dengan skema yang baik. Program ini akan berguna bagi mahasiswa untuk mandiri, bukan untuk mencari kerja tetapi menciptakan lapangan kerja. “Kami juga akan memberikan soft skill kepada mahasiswa, kemampuan yang tidak hanya akademis tetapi non akademis seperti kemampuan berinteraksi, kepemimpinan. Kita berharap bisa mengantarkan generasi muda kita menjadi generasi yang tangguh. Kami mengucapkan terimakasih kepada BI yang telah membantu mahasiswa Unsri dan terus melakukan kerjasama,” tutupnya. (juniara)

RelatedPost